Damayanti, Ni Putu Diah (2025) Analisis User Experience (UX) atas Implementasi Core Tax Administration System (CTAS) Studi Kasus pada Karyawan yang Bekerja di Kantor Konsultan Pajak. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62303_2115654083_0805118501_0024066408_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (571kB) |
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_62303_2115654083_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_62303_2115654083_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (584kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan digital telah mendorong transformasi di berbagai sektor, termasuk bidang perpajakan yang tercermin melalui penerapan Core Tax Administration System (CTAS). Terjadi ketidaksesuaian antara tujuan implementasi CTAS dan pengalaman pengguna. Situasi ini memicu ketidaknyamanan dan berisiko menurunkan kepatuhan pajak klien akibat keterlambatan atau kesalahan pelaporan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis user experience (UX) pada implementasi CTAS pada karyawan yang bekerja di kantor konsultan pajak. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan empat informan sebagai partisipan utama. Analisis difokuskan pada enam indikator UX yang meliputi attractiveness, perspicuity, efficiency, stimulation, dependability dan novelty. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat dari enam indikator yaitu perspicuity, efficiency, stimulation, dan novelty mendapat tanggapan positif dari pengguna. Hal ini mengindikasikan bahwa sistem CTAS mampu memberikan pengalaman pengguna yang baik dari segi fungsional dan kenyamanan. Indikator attractiveness dan dependability masih perlu ditingkatkan, khususnya dalam hal desain antarmuka dan stabilitas sistem. Karyawan selaku pengguna Core Tax merekomendasikan perbaikan terkait kestabilan akses saat terjadi lonjakan trafik, penyederhanaan proses input data, serta penambahan fitur edukatif seperti panduan interaktif dan format impor yang lebih familiar. Selain itu, pengguna juga menyarankan integrasi teknologi baru seperti kecerdasan buatan (AI), otomatisasi, dan sistem komunikasi yang responsif. Penelitian ini menunjukkan implikasi pengalaman pengguna sistem CTAS yang mengalami kendala dapat potensi penurunan kepuasan dan kepercayaan pengguna yang dapat berdampak langsung pada menurunnya tingkat kepatuhan pajak, mengingat sistem yang kurang responsif terhadap kebutuhan pengguna cenderung menimbulkan frustasi dan menghambat proses pelaporan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | User Experience, Core Tax Administration System |
Subjects: | Ilmu Ekonomi Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Perpajakan |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Perpajakan > Skripsi |
Depositing User: | Ni Putu Diah Damayanti |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 23:42 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 23:42 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/17482 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |