Pramita, Ni Made Ayu Pradnya (2025) Analisis Sistem Akuntansi Pembelian secara Kredit pada Swiss-Belresort Pecatu. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_62401_2215613048_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62401_2215613048_0025097302_0017036208_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (889kB) |
Abstract
Sistem akuntansi pembelian kredit merupakan salah satu sistem yang digunakan perusahaan dalam melakukan pengadaan barang yang diperlukan oleh perusahaan. Penerapan sistem akuntansi pembelian secara kredit pada Swiss-Belresort Pecatu terdiri dari dua jenis, yaitu pembelian store item dan direct item. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem akuntansi pembelian secara kredit dan menganalisis Sistem Pengendalian Internal atas sistem akuntansi pembelian kredit tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi yang dilakukan langsung di Swiss-Belresort Pecatu. Data yang diperoleh adalah alur pembelian, dokumen-dokumen pendukung, serta peran setiap fungsi yang terlibat dalam proses pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem akuntansi pembelian store item dan direct item meliputi prosedur permintaan pembelian, permintaan penawaran harga dan pemilihan pemasok, pesanan pembelian, penerimaan barang, dan pencatatan utang. Sistem yang diterapkan pada Swiss-Belresort Pecatu belum sepenuhnya memenuhi unsur pengendalian internal. Dibandingkan dengan teori Mulyadi, ditemukan beberapa kelemahan seperti adanya perangkapan tugas antara bagian storekeeper dengan receiving, adanya keterlambatan otorisasi dokumen purchase requisition, purchase order, dan receiving report oleh financial controller serta general manager dan bank payment voucher yang tidak diotorisasi oleh bagian account payable. Khusus untuk purchase requisition store item tidak memiliki otorisasi dari pihak-pihak terkait. Pada unsur praktik yang sehat, penerimaan dan pemeriksaan barang dilakukan tanpa dicocokkan dengan purchase order dikarenakan hanya dibuat satu rangkap oleh purchasing supervisor, tidak adanya pencantuman stempel “Lunas” pada bank payment voucher setelah pembayaran dilakukan, pemeriksaan mendadak oleh auditor kurang efektif, tidak adanya perputaran jabatan, dan tidak ada pengganti selama cuti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sistem akuntansi pembelian, pengendalian internal, pembelian kredit, Mulyadi |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > Prodi D3 Akuntansi > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ni Made Ayu Pradnya Pramita |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 04:32 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 07:24 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/17567 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |