Hidayatullah, Rahmat (2025) Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan Menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) pada Jalan Kalpataru Sordang Kec. Lenek, Kab. Lombok Timur. Undergraduate thesis, Politenik Negeri Bali.
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_22302_2415164045_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_223202_2415164045_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_223202_2415164045_0018076005_0001098710_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (223kB) |
Abstract
Jalan merupakan infrastruktur vital yang berperan penting dalam mendukung mobilitas masyarakat dan aktivitas ekonomi. Kerusakan jalan yang tidak ditangani secara tepat dapat berdampak pada keselamatan pengguna dan efisiensi transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis dan tingkat kerusakan perkerasan jalan serta memperkirakan biaya penanganannya menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) pada Jalan Kalpataru Sordang, Kecamatan Lenek, Kabupaten Lombok Timur. Metode PCI digunakan untuk mengevaluasi kondisi jalan berdasarkan jenis, tingkat keparahan, dan luas kerusakan yang ditemukan pada permukaan perkerasan. Penelitian dilakukan pada segmen sepanjang 4,6 km dengan membagi ruas menjadi beberapa segmen pengamatan. Hasil analisis menunjukkan bahwa jenis kerusakan yang dominan meliputi retak kulit buaya, retak kotak-kotak, pelepasan butir, kegemukan, dan lubang. Berdasarkan Nilai PCI segmen I 63 masuk dalam kondisi sedang, segmen II 38 masuk kedalam kondisi buruk, segmen III 78 masuk kedalam kondisi sangat baik dan segmen IV 34 masuk kedalam kondisi bruruk, kondisi jalan berada dalam kategori sangat baik hingga buruk. Estimasi biaya penanganan dihitung menjadi 3, untuk yang pertama menghitung anggaran biaya berdasar nilai PCI persegmen, kedua berdasarkan nilai PCI yang sudah dirata-ratakan dan yang ketiga berdasarkan luasan penanganan terparah. Dari penelitian ini akan membuat 3 rencana anggaran biaya kerena berdasarkan nilai PCI rata-rata dan luasan penanganan terparah masuk dalam 1 ketegori. Dari hasil analisa diperoleh total anggaran biaya perbaikan berdasar nilai PCI persegmen sebesar Rp 643.687.774, dan total anggaran biaya berdasarkan nilai PCI rata-rata atau berdasar penanganan terparah sebesar Rp 825.586.725,635 Hasil penelitian ini diharapkan menjadi acuan bagi instansi terkait dalam perencanaan pemeliharaan dan rehabilitasi jalan yang efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kerusakan Perkerasan, Pavement Condition Index (PCI), Estimasi Biaya. |
Subjects: | Ilmu Teknik |
Divisions: | Jurusan Teknik Sipil > Prodi D4 Manajemen Proyek Konstruksi > Skripsi |
Depositing User: | Rahmat Hidayatullah |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 01:05 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 01:05 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/17581 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |