Maheswari, Gusti Ayu Kartina Praba (2025) Pengembangan Customer Engagement Model dengan Influencer pada Instagram Discovery Kartika Plaza Hotel Bali: Pendekatan Customer Response Index dan AISAS. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93308_2115744117_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2115744117_0001048404_0001088205_part.pdf - Accepted Version Download (799kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93308_2115744117_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengembangan customer engagement model dengan influencer pada Instagram Discovery Kartika Plaza Hotel Bali. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan penyebaran kuesioner menggunakan metode purposive sampling dengan formula Krejcie dan Morgan kepada 217 pengikut akun @discoverykartikaplaza yang pernah yang pernah berinteraksi pada konten kolaborasi pihak hotel dengan influencer di Instagram, atau menginap sebagai Free Independent Traveler (FIT) maupun berbelanja di restoran hotel. Analisis dilakukan menggunakan model Customer Response Index (CRI) dan konsep AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share). Hasilnya menunjukkan bahwa tahapan yang paling banyak dilalui audiens dalam merespon konten promosi yaitu Attention (88,95%), kemudian disusul Interest (86,90%), Search (85,50%), Action (84,63%) dan Share (78,35%). Pada penelitian ini, pengembangan customer engagement model dengan influencer pada Instagram telah efektif dan dapat dioptimalkan lebih lanjut karena memiliki nilai CRI AISAS: 43,82%; CRI AIAS: 51,25%; CRI AISS: 56,51%; dan CRI AIS: 66,09% yang dapat diklasifikasikan di kategori ‘rata-rata’ hingga ‘baik’.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran Digital, Engagement, Influencer, Instagram, CRI, AISAS |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Gusti Ayu Kartina Praba Maheswari |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 12:17 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 12:17 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/17628 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |