Sinaga, Natalia M. (2025) Persepsi Tamu terhadap Kualitas Pelayanan Staf Front Office di Blue Point Resort and Spa. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93303_2415854063_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2415854063_0026098907_0026106308_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2415854063_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji persepsi tamu atas pelayanan staf front office di blue point resort & spa. Penelitian ini fokus pada mengidentifikasikan indikator yang perlu ditingkatkan atas pelayanan staf Front Office berdasarkan ekspektasi dan persepsi tamu. Penelitian ini menggunakan analisa lima dimensi kualitas jasa dalam model ServQual (Service Quality). Jumlah populasi penelitian ini adalah tamu yang menginap dan pernah merasakan kualitas pelayanan staf Front Office sebanyak 100 responden dengan metode penentuan sampel yaitu Random sampling. Data yang terkumpul dianalisa menggunakan kuesioner kemudian dianalisa menggunakan Uji ServQual yang menggambarkan kesenjangan (gap) tingkat pelayanan yang diharapkan (ekspektasi) dan kenyataan (persepsi) yang diterima oleh tamu yang menginap di Blue Point Resort & Spa. Selanjutnya, dianalisa menggunakan Diagram Kartesius untuk mengidentifikasi jasa berdasarkan tingkat kepentingan dan kepuasan tamu atas pelayanan staf Front Office. Dari hasil pengintegrasian metode ServQual dan pengukuran diagram kartesius hasil total rata-rata persepsi lebih besar dari hasil total rata-rata ekpektasi yang artinya pelayanan staf Front Office sudah memuaskan. Atribut yang menghasilkan rata-rata gap positif ditunjukan pada dimensi Empathy, assurance dan reliability yang artinya pelayanan sudah memuaskan sedangkan atribut yang perlu ditingkatkan dan menghasilkan rata- rata gap negatif adalah dimensi tangible dan responsiveness.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Kualitas Pelayanan, Front Office Staff
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Natalia M. Sinaga
Date Deposited: 27 Aug 2025 12:08
Last Modified: 27 Aug 2025 12:08
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/17635

Actions (login required)

View Item View Item