Maulani, Komang Yenitika (2025) Pengaruh Implementasi Standar Operasional Prosedur terhadap Kinerja Karyawan Front Office Department di The Westin Resort Nusa Dua. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834011_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834011_0031126457_0829118602.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (568kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834011_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) terhadap kinerja karyawan Front Office Department di The Westin Resort Nusa Dua. The Westin Resort Nusa Dua menerapkan SOP sebagai pedoman atau acuan bekerja bagi karyawan. Permasalahan yang diuraikan dalam penelitian ini adalah implementasi SOP dan pengaruhnya terhadap kinerja karyawan Front Office Department. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan responden berjumlah 39 karyawan, menggunakan teknik penentuan sampel insidental, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dan dianggap cocok digunakan sebagai sampel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 27. Implementasi SOP pada Front Office Department telah dilakukan dengan sangat baik menurut persepsi karyawan, yang terlihat dari keseluruhan nilai persentase skor berkisar antara 90,77% hingga 97,44% dan termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi” pada setiap indikator. Berdasarkan hasil observasi, SOP telah diterapkan dengan sangat baik, namun masih terdapat beberapa SOP yang belum dijalankan secara maksimal, terutama pada aspek konsistensi dan minimalisasi kesalahan. Hal ini menunjukkan perlunya pengawasan rutin serta pelatihan berkelanjutan agar SOP tidak hanya dipahami secara teoritis, tetapi juga diterapkan secara optimal dalam praktik kerja. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa penerapan SOP memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Variabel SOP memberikan kontribusi sebesar 81,2% terhadap perubahan kinerja karyawan, sedangkan sisanya sebesar 18,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Temuan ini juga didukung oleh hasil wawancara dengan manajer yang menegaskan bahwa SOP merupakan acuan penting dalam menjaga kinerja, namun pelaksanaannya masih perlu diperkuat melalui monitoring dan pelatihan secara berkala.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Standar Operasional Prosedur, Kinerja Karyawan, Front Office Department
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Komang Yenitika Maulani
Date Deposited: 27 Aug 2025 09:13
Last Modified: 27 Aug 2025 09:13
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/17766

Actions (login required)

View Item View Item