Maharani, Ni Putu Almira Jesslyn (2025) Evaluasi Kondisi Perkerasan Jalan Lentur dengan Metode PCI dan Penanganannya pada Ruas Jalan Pratama Tanjung Benoa. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_22302_2415164025_0023046604_0001098710_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (648kB) |
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_22302_2415164025_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_22302_2415164025_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Ruas Jalan Pratama di kawasan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung yang menggunakan perkerasan jalan dengan jenis perkerasan lentur (flexible pavement). Jalan ini tergolong sebagai jalan kabupaten, namun memiliki intensitas lalu lintas yang tinggi, terutama kendaraan wisata dan logistik. Permasalahan utama yang diamati adalah bahwa kerusakan jalan lebih banyak dipengaruhi oleh beban lalu lintas kendaraan yang tinggi, terutama kendaraan besar seperti bus pariwisata dan truk. Dalam penelitian ini, peneliti ingin melakukan penelitian kondisi perkerasan jalan lentur dan dianalisis berdasarkan metode pendekatan penilaian kondisi jalan Pavement Condition Index (PCI). Dari hasil analisis ini Nilai indeks kondisi perkerasan (PCI) dan kriteria kerusakan pada ruas Jalan Pratama Tanjung Benoa adalah 61,60 yang termasuk dalam kategori kerusakan sedang (good). Nilai PCI terendah terjadi pada Segmen 4 yakni STA 0+300 s/d STA 0+400 dengan klasifikasi kerusakan buruk (poor). Total seluruh luas permukaan pada Jalan Pratama yang mengalami kerusakan adalah 1543,01 m2. Kerusakan yang dominan terjadi yaitu tambalan sebesar 614,92 m2, pelepasan butir sebesar 366,04 m2, dan retak memanjang/melintang sebesar 342,35 m2. Penanganan yang disarankan mencakup metode perbaikan P1, P2, P3, dan P5 pada segmen-segmen yang mengalami kerusakan. Untuk memastikan ketahanan dan kenyamanan jalan bagi pengguna, disarankan pula pelapisan ulang (overlay) menggunakan material AC-WC agar struktur perkerasan lebih awet dan mampu menahan beban lalu lintas secara optimal. total Biaya Perbaikan pada ruas Jalan Pratama Tanjung Benoa dengan lapisan overlay yaitu Rp 2.638.584.489,82 dan biaya perbaikan yaitu sebesar Rp 294.381.809,59.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perkerasan jalan, pavement condition index, tingkat kerusakan jalan, biaya perbaikan |
Subjects: | Ilmu Teknik Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang > Transportasi |
Divisions: | Jurusan Teknik Sipil > Prodi D4 Manajemen Proyek Konstruksi > Skripsi |
Depositing User: | Ni Putu Almira Jesslyn Maharani |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 13:52 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 13:52 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/17789 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |