Kerti, Ngurah Kukuh Manusa (2025) Analisis SWOT untuk Menentukan Strategi Bersaing pada Kantor Konsultan Pajak TPP Consulting di Denpasar. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_62301_2115644149_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5, Dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5, Dan Referensi)
RAMA_62301_2115644149_0028126106_0025026306_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (985kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_62301_2115644149_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (861kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan memerlukan strategi yang tepat untuk menjaga kelangsungan usaha dan menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, termasuk dalam sektor jasa konsultan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi bersaing perusahaan dengan menganalisis faktor internal dan eksternal serta merumuskan strategi bersaing yang tepat bagi Kantor Konsultan Pajak TPP Consulting yang berlokasi di Renon, Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah 10 orang karyawan dan pimpinan TPP Consulting yang dinilai memiliki informasi relevan terkait kondisi internal dan eksternal perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT, dengan pendekatan Matriks IFAS dan EFAS, serta perumusan strategi menggunakan Matriks SWOT dan Diagram SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TPP Consulting berada pada kuadran I (strategi agresif) dengan nilai selisih kekuatan dan kelemahan sebesar 2,45 serta selisih antara peluang dan ancaman sebesar 0,90. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kekuatan internal yang dominan seperti SDM profesional, pengalaman kerja yang tinggi, serta komunikasi internal yang efektif. Kekuatan tersebut memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan peluang seperti meningkatnya permintaan jasa konsultan pajak, posisi lokasi yang strategis di Kota Denpasar, serta penggunaan media sosial untuk promosi. Strategi SO yang diusulkan meliputi: memaksimalkan kualitas SDM dalam menjawab kebutuhan klien, memperluas jaringan kerja sama bisnis melalui relasi, membangun branding melalui media sosial, menyediakan edukasi perpajakan bagi pelaku usaha baru, serta menjaga loyalitas dan kepercayaan klien dengan pelayanan yang terbuka dan bertanggung jawab. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan strategis dalam meningkatkan daya saing dan pertumbuhan berkelanjutan perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bersaing, Analisis SWOT, IFAS, EFAS
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Ngurah Kukuh Manusa Kerti
Date Deposited: 29 Aug 2025 05:25
Last Modified: 29 Aug 2025 05:25
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/17836

Actions (login required)

View Item View Item