Reken, I Made (2025) Pengaruh Layanan Kredit terhadap Loyalitas Peminjam pada LPD Desa Adat Kampial. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_62301_2415664072_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_2415664072_0031127508_0022068901_part.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_62301_2415664072_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh layanan kredit terhadap loyalitas peminjam pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Kampial. LPD merupakan lembaga keuangan tradisional milik desa adat yang mempunyai peran penting dalam mendukung aktifitas perekonomian masyarakat pedesaan, khususnya dengan penyediaan layanan kredit. Layanan kredit yang memuaskan dan berkualitas diharapkan mampu meningkatkan loyalitas peminjam terhadap LPD. Karena LPD harus menghadapi persaingan dengan lembaga keuangan lainnya, maka loyalitas peminjam menjadi salah satu indikator penting dalam perkembangan dan pertumbuhan dari LPD. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei, di mana data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 88 responden yang merupakan peminjam aktif di LPD Desa Adat Kampial. Dalam penelitian ini variabel independennya adalah layanan kredit yang diukur melalui beberapa indikator, yaitu kualitas pelayanan, kecepatan proses kredit, kemudahan persyaratan, serta sikap sopan dan ramah dari petugas kredit di LPD. Sedangkan variabel dependennya adalah loyalitas peminjam yang diukur dari indikator antara lain: keinginan nasabah untuk melakukan pinjaman kembali, memberi rekomendasi kepada orang lain, dan menjaga hubungan jangka panjang dengan pihak LPD. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana untuk mengetahui sejauh mana pengaruh masing-masing dimensi layanan kredit terhadap loyalitas peminjam. Hasil penelitian menghantarkan pada kesimpulan bahwa layanan kredit berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas peminjam. Di antara indikator layanan kredit, kualitas pelayanan dan sikap sopan serta sikap ramah dari petugas kredit memiliki pengaruh paling dominan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik layanan kredit yang diberikan oleh LPD, maka semakin baik tingkat loyalitas peminjam. Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan kualitas layanan kredit sebagai strategi untuk mempertahankan dan meningkatkan jumlah nasabah loyal pada LPD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Layanan Kredit, Loyalitas Peminjam, LPD Desa Adat Kampial.
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: I Made Reken
Date Deposited: 01 Sep 2025 00:08
Last Modified: 01 Sep 2025 00:08
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/17938

Actions (login required)

View Item View Item