Rumakito, Sumbindi Violeta (2025) Penerapan Standar Operasional Prosedur dalam Mendukung Kinerja Room Attendant di Four Points by Sheraton Bali Ungasan. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834109_full.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115814109_0026098907_0830128906_part.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834109_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dapat mendukung kinerja karyawan, khususnya room attendant di Four Points by Sheraton Bali Ungasan. (SOP) merupakan pedoman penting dalam industri perhotelan yang berfungsi untuk memastikan layanan tetap konsisten dan berkualitas tinggi. Keberadaan (SOP) membantu menciptakan alur kerja yang rapi dan efisien, serta menjadi acuan bagi karyawan dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Assistant housekeeper, Supervisor housekeeping, dan Manager HRD hotel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan (SOP) di Four Points by Sheraton Bali Ungasan cukup efektif dalam meningkatkan kinerja room attendant. (SOP) membantu dalam menjaga ketepatan waktu, meningkatkan tanggung jawab kerja, serta memastikan standar kebersihan kamar tetap terjaga. Meski demikian, masih ditemukan beberapa kendala, seperti kurangnya pelatihan berkala dan pemahaman (SOP) yang belum merata di antara staf. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa (SOP) sangat berperan dalam mendukung kinerja karyawan, terutama jika didukung dengan pelatihan yang rutin, evaluasi prosedur secara berkala, dan pengawasan yang konsisten dari pihak manajemen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Standar Operasional Prosedur, Room Attendant, Kinerja, Housekeeping |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Sumbindi Violeta Rumakito |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 03:59 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 03:59 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/17945 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |