Santoso, Nabila Hapsari (2025) Prosedur Pemesanan Kamar melalui Aplikasi Trans Hotel Group di The Trans Resort Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_63411_2215713124_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2215713124_00010048404_0001127603_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (856kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pemesanan kamar melalui aplikasi Trans Hotel Group (THG) di The Trans Resort Bali serta mengidentifikasi kendala atau tantangan yang dihadapi dalam penerapannya. Dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Bali dan perkembangan teknologi, aplikasi THG diluncurkan sebagai inovasi untuk mempermudah proses pemesanan kamar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pada Departemen Sales & Marketing, khususnya bagian reservasi The Trans Resort Bali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pemesanan kamar melalui aplikasi THG meliputi pengunduhan aplikasi, registrasi dan login menggunakan nomor telepon, pemilihan properti hotel, tanggal menginap, jumlah tamu, jenis kamar, serta proses pembayaran yang terintegrasi dengan berbagai metode pembayaran. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai promo dan keuntungan khusus bagi penggunanya. Namun, terdapat beberapa kendala dalam penggunaan aplikasi, antara lain keterbatasan akses bagi wisatawan mancanegara akibat registrasi yang menggunakan provider lokal, belum tersedianya fitur penginputan data umur anak sehingga mengharuskan pelanggan menghubungi staf reservasi secara manual, serta kendala jaringan yang mempengaruhi akses aplikasi. Kondisi ini berimbas pada rendahnya pemesanan kamar melalui aplikasi sehingga tujuan target penjualan tidak terpenuhi secara optimal. Peran staf reservasi sangat penting dalam menangani kendala teknis dan memberikan solusi cepat agar pelanggan tetap merasa puas. Dari hasil tersebut, disarankan agar aplikasi dikembangkan dengan penambahan fitur penanganan data anak, dilakukan sosialisasi lebih gencar mengenai penggunaan aplikasi, serta evaluasi berkala berdasarkan masukan pengguna agar aplikasi THG dapat memenuhi kebutuhan pasar dan mendukung pencapaian target penjualan hotel.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prosedur Pemesanan Kamar, Aplikasi Trans Hotel Group,Reservasi |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir |
Depositing User: | Nabila Hapsari Santoso |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 12:44 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 12:44 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18078 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |