Widyaswari, Putu Ayu Intan (2025) Analisis Penerapan FIRST Core Value Terhadap Kepuasan Pelanggan di Bali Nusa Dua Convention Center. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93308_2115744001_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2115744001_0017106302_1360772673230323_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (852kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93308_2115744001_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan nilai inti FIRST (Fast, Integrity, Reputable, Service Excellent, dan Trust) terhadap kepuasan pelanggan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). Sebagai salah satu pusat penyelenggaraan kegiatan MICE terkemuka di Indonesia, BNDCC berkomitmen untuk mengedepankan nilai-nilai pelayanan guna menciptakan pengalaman yang memuaskan bagi setiap pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 58 responden dari pihak penyelenggara acara yang telah menggunakan layanan BNDCC. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS versi 26 dengan uji validitas, reliabilitas, dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima dimensi nilai inti FIRST tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, namun dimensi Service Excellent dan Trust memberikan pengaruh positif paling dominan. Temuan ini memberikan kontribusi teoritis dalam memperkuat peran nilai inti layanan dalam industri MICE, serta kontribusi praktis bagi BNDCC untuk meningkatkan strategi pelayanan demi kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | FIRST Core Value, Kepuasan Pelanggan, Bali Nusa Dua Convention Center |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Putu Ayu Intan Widyaswari |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 12:52 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 12:52 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18093 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |