Jayanti, Made Yenita (2025) Analisis Peran Instagram dalam Meningkatkan Brand Awareness pada Novotel Bali Benoa. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93308_2115744029_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2115744029_0026076108_1462771672130293_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (864kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93308_2115744029_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Instagram dalam meningkatkan Brand Awareness pada Novotel Bali Benoa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada pihak internal hotel seperti Marcom Manager dan Desainer Konten, serta beberapa followers Instagram. Selain itu, observasi juga dilakukan secara langsung terhadap aktivitas, strategi, dan performa konten pada akun @novotelbalibenoa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram memainkan peran yang signifikan dan bersifat multifaset dalam upaya membangun serta memperkuat kesadaran merek hotel di benak audiens. Hal ini terlihat dari penerapan strategi pemasaran digital yang terintegrasi, pemanfaatan berbagai fitur Instagram secara optimal seperti Feed, Stories, Reels, hingga Highlights serta konsistensi dalam elemen visual branding yang mencerminkan identitas Novotel Bali Benoa secara profesional. Strategi konten ini secara efektif mengarahkan audiens melalui setiap tahapan dalam Model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) pada akhirnya mendorong pengenalan, daya tarik, dan potensi keputusan pembelian dari calon tamu. Kendala utama yang dihadapi pihak hotel adalah keterbatasan jumlah tim pemasaran dan waktu produksi konten. Namun, tantangan ini diatasi dengan evaluasi rutin melalui fitur Insight Instagram yang digunakan untuk menyesuaikan strategi secara adaptif. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis terhadap relevansi model AIDA dalam konteks digital marketing, serta memberikan manfaat praktis berupa panduan strategi konten. Sebagai luaran, peneliti menyusun content plan mingguan dan beberapa contoh konten Instagram sebagai rekomendasi strategis untuk memperkuat Brand Awareness melalui platform media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instagram, Brand Awareness, AIDA, Media Sosial, Content Plan, Pemasaran Hotel
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Made Yenita Jayanti
Date Deposited: 29 Aug 2025 07:34
Last Modified: 29 Aug 2025 07:34
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18128

Actions (login required)

View Item View Item