Pramudita, I Putu Ananta (2025) Implementasi Kualitas Pelayanan Tambah Daya Listrik Bebasis Aplikasi PLN Mobile pada PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kuta. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_63411_2215713119_FULL.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5, Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5, Referensi)
RAMA_63411_2215713119_0031019202_0021046212_PART.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (736kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi dan kendala kualitas pelayanan tambah daya listrik melalui aplikasi PLN Mobile pada PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kuta. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis implementasi dan kendala kualitas pelayanan tambah daya listrik melalui aplikasi PLN Mobile pada PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kuta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pelayanan telah menunjukkan kemajuan signifikan dari segi Bukti Fisik (Tangibles) dan Jaminan (Assurance) karena aplikasi yang informatif dan mampu memahami kebutuhan pelanggan. Meskipun Daya Tanggap (Responsiveness) PLN ULP Kuta cukup cepat melalui sistem otomatis, waktu respons untuk kendala teknis masih bisa ditingkatkan. Di sisi lain, Empati (Empathy) masih menjadi kelemahan, seringkali terjadi karena kurangnya perhatian petugas. Selain itu, kendala utama yang ditemukan adalah kurangnya ketersediaan material, gangguan pada aplikasi, dan kurangnya empati petugas terhadap keluhan pelanggan. Untuk mengatasi masalah tersebut, disarankan agar perusahaan meningkatkan pengelolaan pengadaan material, pengawasan kinerja tim teknis, stabilitas sistem aplikasi, serta pelatihan komunikasi bagi petugas dan penyediaan informasi yang jelas bagi pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Tambah Daya Listrik Berbasis Aplikasi PLN Mobile
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: I Putu Ananta Pramudita
Date Deposited: 29 Aug 2025 07:44
Last Modified: 29 Aug 2025 07:44
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18152

Actions (login required)

View Item View Item