Sanjaya, I Made Eka (2025) Peran Product Knowledge dan Brand Image dalam Meningkatkan Minat Nasabah di LPD Desa Adat Tegal. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_62301_2415664090_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_2415664090_0810099101_0001089401_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (834kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_62301_2415664090_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Minat nasabah merupakan kecenderungan atau ketertarikan individu untuk menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan oleh lembaga keuangan, termasuk Lembaga Perkreditan Desa (LPD). Minat ini dipengaruhi oleh persepsi, pengetahuan, pengalaman, serta citra lembaga di mata nasabah. Tingginya minat mencerminkan keberhasilan strategi komunikasi dan layanan LPD dalam membangun kepercayaan serta loyalitas. Oleh karena itu, pemahaman terhadap faktor-faktor yang membentuk minat nasabah menjadi aspek penting dalam pengembangan lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh product knowledge dan brand image terhadap minat nasabah di Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Tegal. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif asosiatif dengan instrumen kuesioner. Metode sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Berdasarkan formula slovin, jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 98 responden. Data dari kuesioner yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dan statistik dengan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Statistic 25. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa product knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah di LPD Desa Adat Tegal. Hal ini berarti semakin tinggi product knowledge semakin tinggi pula minat nasabah. Sebaliknya semakin rendah product knowledge semakin rendah pula minat nasabah. Hasil kedua adalah brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah di LPD Desa Adat Tegal. Hal ini berarti semakin tinggi brand image semakin tinggi pula minat nasabah. Sebaliknya semakin rendah brand image semakin rendah pula minat nasabah. Hasil lainnya adalah product knowledge dan brand image secara simultan berpengaruh terhadap minat nasabah di LPD Desa Adat Tegal. Besarnya pengaruh product knowledge dan brand image terhadap minat nasabah di LPD Desa Adat Tegal adalah sebesar 71,8%. Sedangkan sisanya sebesar 28,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Secara praktis, hasil penelitian dapat dimanfaatkan oleh LPD Desa Adat Tegal untuk meningkatkan strategi pemasaran melalui edukasi produk dan penguatan brand, sehingga mampu menarik lebih banyak nasabah. Selain itu, penelitian ini juga memberikan manfaat sosial berupa peningkatan literasi keuangan masyarakat dan mendukung pemberdayaan ekonomi lokal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Product Knowledge, Brand Image, Minat Nasabah
Subjects: Ilmu Ekonomi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: I Made Eka Sanjaya
Date Deposited: 01 Sep 2025 02:17
Last Modified: 01 Sep 2025 02:17
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18167

Actions (login required)

View Item View Item