Maharani, Desvita (2025) Strategi Branding Band Astera dalam Mempertahankan Penggemar di Instagram. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_61316_2115754030_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover,Bab1,Bab 5 dan refrensi)
RAMA_61316_2115754030_0029096404_0018108809_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (474kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_61316_2115754030_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi branding yang diterapkan oleh Astera dalam mempertahankan loyalitas penggemarnya di Instagram, serta memberikan masukan strategi yang lebih efektif apabila ditemukan kekurangan dalam penerapanya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatid deskriptif dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Seluruh data kemudian dianalisis menggunakan metode triangulasi data dan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang diharapi oleh Band Astera. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Band Astera menerapkan strategi branding yang fokus pada konten personal dan interaktif, seperti konten keseharian, penggunaan fitur Instagram sepeti Question Box dan Channel. Strategi ini bertujuan membangun kedekatan emosional dengan penggemar, terutama di kalangan Generasi Z. Meski demikian, pengelolaan akun yang bersifat spontan dan minim evaluasi rutin menjadi salah satu kelemahan yang perlu dibenahi. Berdasarkan analisis SWOT dan pemetaan pada Matriks IFAS dan EFAS, Astera berada dalam posisi yang mendukung untuk menjalankan strategi pertumbuhan. Dengan demikian, strategi branding yang lebih terencana dan evaluative sangat disarankan agar Astera dapat mempertahankan eksistensinya dalam persaingan industri musik digital yang semakin ketat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Branding, Instagram. |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Bisnis Digital > Skripsi |
Depositing User: | Desvita Maharani |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 09:09 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 10:36 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18176 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |