Ayu, Saras (2025) Implementasi Content Marketing Melalui Instagram pada Percetakan Digital Photo Graphics Tuban. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_61316_2115754015_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_61316_0009098408_0005037704_2115754015_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (523kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_61316_2115754015_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Industri percetakan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern. Namun, persaingan di industri percetakan digital di sosial media semakin ketat. Tidak hanya hadir secara daring, membangun interaksi yang kuat dengan audiens menjadi hal yang penting pada persaingan di era modern ini. Engagement rate adalah salah satu indikator yang penting untuk mengukur sejauh mana konten berhasil menarik perhatian dan respons pengguna. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan content marketing yang terstruktur menggunakan content pillar dan content format pada akun Instagram Digital Photo Graphics Tuban guna meningkatkan engagement rate. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan sepuluh langkah dari model Borg and Gall. Eksperimen dilakukan selama tiga bulan. Produk yang dikembangkan berupa konten Instagram yang kemudian dianalisis performanya untuk menetapkan jumlah konten pada setiap content pillar dan content format yang efektif meningkatkan interaksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan engagement rate by reach (ERR) sebesar 39,32% jika dibandingkan dengan tiga bulan sebelum melakukan implementasi. Pilar edukasi dan format infografis menghasilkan engagement rate tertinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi konten yang terstruktur dapat meningkatkan keterlibatan audiens.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Content Marketing, Content Marketing Instagram, Content Marketing Percetakan
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Bisnis Digital > Skripsi
Depositing User: Saras Ayu
Date Deposited: 29 Aug 2025 08:21
Last Modified: 29 Aug 2025 08:21
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18181

Actions (login required)

View Item View Item