Salahudin, Muhammad (2025) Analisis Kinerja PT ABC dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_2415664006_0029087803_0010018605_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (563kB) |
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_62301_2415664006_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (754kB) | Request a copy |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_62301_2415664006_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (535kB) | Request a copy |
Abstract
Analisis kinerja perusahaan merupakan aspek fundamental dalam memastikan keberlangsungan dan daya saing organisasi di tengah dinamika lingkungan bisnis yang kompetitif. Analisis kinerja yang komprehensif memungkinkan perusahaan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang dihadapi, sehingga dapat merumuskan strategi yang tepat. Pendekatan Balanced Scorecard dengan empat perspektif utama yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran menyediakan kerangka yang seimbang dan terukur dalam menilai kinerja secara menyeluruh. Teori sinyal menegaskan pentingnya transparansi informasi kinerja dalam mengurangi asimetri informasi, sekaligus memberikan keyakinan kepada pihak eksternal mengenai prospek dan nilai perusahaan di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja PT. ABC berdasarkan empat perspektif balanced scorecard. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan wawancara. Indikator perspektif keuangan meliputi margin laba bersih, return of investment, pertumbuhan pendapatan dan rasio efisiensi operasional. Indikator pada perspektif pelanggan terdiri dari retensi pelanggan dan akuisisi pelanggan. Selanjutnya pada perspektif proses bisnis internal menggunakan indikator proses inovasi dan proses operasi. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menggunakan indikator rasio turnover karyawan dan produktivitas karyawan. Analisis kinerja berdasarkan balanced scorecard menunjukkan hasil berbeda pada setiap perspektif. Pada perspektif keuangan, margin laba bersih berada pada kategori buruk, return on investment pada kategori baik, pertumbuhan pendapatan pada kategori sangat baik, dan rasio efisiensi operasional pada kategori sangat baik. Perspektif pelanggan menunjukkan kinerja baik pada retensi maupun akuisisi. Perspektif proses bisnis internal menampilkan hasil sangat baik pada inovasi, namun buruk pada operasi. Sementara itu, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan kinerja baik pada turnover karyawan dan sangat baik pada produktivitas karyawan. Secara keseluruhan, kinerja perusahaan memperlihatkan kekuatan pada pertumbuhan pendapatan, efisiensi operasional, inovasi, serta produktivitas karyawan, namun masih memerlukan perbaikan pada margin laba bersih dan proses operasional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Kinerja, Balanced Scorecard |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi |
Depositing User: | Muhammad Salahudin |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 03:16 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 03:16 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18265 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |