Putra, I Made Dwi Satria Pramana (2025) Strategi Pengelolaan Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Brand Awareness Indibiz (Studi Kasus: PT. Telkom Indonesia Tbk, Witel Bali ). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_61316_2115754031_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_61316_2115754031_0029096404_0028109404_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (834kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_61316_2115754031_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengelolaan media sosial Instagram yang dilakukan oleh PT. Telkom Indonesia Tbk, Witel Bali dalam meningkatkan brand awareness produk IndiBiz. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh rendahnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap IndiBiz, padahal produk ini memiliki potensi besar dalam mendukung transformasi digital UMKM. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman serta pendekatan SWOT, Marketing Mix 7P, Strategi 4C, dan PESTEL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi konten edukatif, promosi visual, kolaborasi dengan influencer lokal, serta pemanfaatan fitur Reels dan Instagram Ads mampu meningkatkan keterlibatan audiens. Meskipun begitu, IndiBiz masih menghadapi tantangan berupa kurangnya sumber daya manusia dalam pengelolaan media sosial dan rendahnya brand recall di kalangan masyarakat. Penelitian ini memberikan rekomendasi agar strategi pemasaran diperkuat melalui konsistensi visual, interaksi dua arah yang aktif, dan peningkatan kapabilitas digital tim pemasaran agar dapat menciptakan brand awareness yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Media Sosial, Brand Awareness
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Bisnis Digital > Skripsi
Depositing User: I Made Dwi Satria Pramana Putra
Date Deposited: 29 Aug 2025 10:42
Last Modified: 29 Aug 2025 10:42
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18293

Actions (login required)

View Item View Item