Sari, Putu Ari Ayu Windah (2025) Resistensi Implementasi m-Pise dalam Pelayanan Prima di Lembaga Perkreditan Desa Adat Tegal. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_62301_2415664096_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_2415664096_0810099101_0021128907_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (522kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_62301_2415664096_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (886kB) | Request a copy |
Abstract
Pengguna m-Pise oleh nasabah LPD Adat Tegal perbulan Maret tahun 2025 hanya sebesar 9,53% dari keseluruhan nasabah LPD Adat Tegal. Merujuk pada fenomena tersebut, maka peneliti mengadakan penelitian resistensi implementasi m-Pise dalam pelayanan prima yang dilaksanakan di LPD Adat Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman staf dan nasabah LPD Adat Tegal tentang m-Pise serta penyebab resistensi implementasi m-Pise dalam pelayanan prima di LPD Adat Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dipilih dengan cara purposive sampling dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipatif, wawancara terstruktur, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Staf LPD Adat Tegal menunjukkan tingkat pemahaman yang tinggi terhadap konsep, tujuan, serta fungsi dari aplikasi digital m-Pise. (2) Mayoritas nasabah LPD Adat Tegal belum memiliki pemahaman memadai mengenai penggunaan m-Pise LPD, sehingga diperlukan upaya peningkatan sosialisasi dan edukasi agar seluruh nasabah dapat memanfaatkan aplikasi tersebut secara optimal. (3) Implementasi aplikasi digital m-Pise di LPD Adat Tegal masih sangat rendah dalam tingkat pemanfaatan aplikasi digital m-Pise tersebut yang dipengaruhi oleh sejumlah faktor, khususnya kurang optimalnya kegiatan sosialisasi dan pendampingan yang dilakukan oleh staf kepada nasabah. Selain itu, masih terdapat kekhawatiran di kalangan nasabah terkait aspek keamanan digital, potensi kesalahan dalam transaksi, serta keterbatasan waktu operasional aplikasi. Berdasarkan hasil temuan penelitian, diperlukan langkah-langkah strategis yang terintegrasi yakni: (1) Meningkatkan frekuensi dan kualitas sosialisasi serta edukasi aplikasi digital m-Pise kepada seluruh nasabah LPD Adat Tegal. (2) LPD Adat Tegal memberikan pendampingan secara intensif, terutama kepada nasabah yang kurang familiar dengan teknologi digital. (3) LPD Adat Tegal memberikan jaminan keamanan sistem dan meningkatkan dukungan teknis aplikasi digital m-Pise untuk menghindari gangguan, terutama di waktu-waktu tertentu. (4) LPD Adat Tegal mengembangkan aplikasi digital m-Pise dengan menambahkan fitur seperti QRIS guna meningkatkan kegunaan dan daya saingnya. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi evaluasi dan rujukan bagi LPD Adat Tegal dalam mengambil langkah-langkah kebijakan yang komprehensif untuk kemajuan implementasi m-Pise pada pelayanan prima LPD Adat Tegal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Resistensi Implementasi, m-Pise, Pelayanan Prima, dan LPD Adat Tegal |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi |
Depositing User: | Putu Ari Ayu Windah Sari |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 03:43 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 03:43 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18332 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |