Dewi, Putu Tania Riska (2025) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Spa di Hotel The Legian Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834166_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834166_0014076704_0808098402_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (476kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834166_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada Spa di Hotel The Legian Seminyak Bali. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kontribusi pendapatan dari Departemen Spa yang konsisten menduduki peringkat ketiga tertinggi setelah kamar dan Food & Beverage. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 83 responden yang merupakan pelanggan Spa. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan yang diukur melalui lima dimensi SERVQUAL yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy, sedangkan variabel dependen adalah loyalitas pelanggan. Analisis data dilakukan dengan regresi linier sederhana menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dimensi yang paling dominan dalam mempengaruhi loyalitas adalah responsiveness (daya tanggap). Hasil ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas pelayanan secara keseluruhan, khususnya dalam hal daya tanggap terhadap kebutuhan pelanggan, dapat meningkatkan loyalitas pelanggan di Spa Hotel The Legian. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, Spa, The Legian Bali, SERVQUAL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, Spa, The Legian Bali, SERVQUAL
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Putu Tania Riska Dewi
Date Deposited: 01 Sep 2025 00:48
Last Modified: 01 Sep 2025 00:48
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18353

Actions (login required)

View Item View Item