Rizqullah, Luthfi (2025) Penanganan Delayed Baggage Maskapai Etihad oleh Lost and Found PT. Jasa Angkasa Semesta di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93401_2215813050_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93401_2215813050_0027056304_0008067611_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (610kB)

Abstract

Tugas akhir ini membahas penanganan delayed baggage maskapai Etihad oleh unit Lost and Found PT. Jasa Angkasa Semesta di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka dengan analisis deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa penanganan dilakukan dalam tiga tahap, yaitu pre-duty (persiapan staf, sistem, dan dokumen), on duty (identifikasi bagasi tertunda, pencatatan data, pelacakan melalui WorldTracer, pemberian label AHL, hingga pengiriman ke penumpang), dan post duty (penyelesaian Baggage Delivery Order serta pelaporan). Kendala utama yang dihadapi adalah keterbatasan jumlah staf saat periode sibuk dan keterlambatan pembaruan informasi pada sistem WorldTracer. Secara umum, prosedur penanganan telah sesuai standar operasional, namun masih perlu peningkatan efisiensi melalui penguatan sumber daya manusia dan optimalisasi sistem informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Delayed Baggage, Bandara
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata > Tugas Akhir
Depositing User: Luthfi Rizqullah
Date Deposited: 30 Aug 2025 05:28
Last Modified: 30 Aug 2025 05:28
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18376

Actions (login required)

View Item View Item