Rizqullah, Luthfi (2025) Penanganan Delayed Baggage Maskapai Etihad oleh Lost and Found PT. Jasa Angkasa Semesta di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93401_2215813050_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93401_2215813050_0027056304_0008067611_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (610kB) |
Abstract
Tugas akhir ini membahas penanganan delayed baggage maskapai Etihad oleh unit Lost and Found PT. Jasa Angkasa Semesta di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka dengan analisis deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa penanganan dilakukan dalam tiga tahap, yaitu pre-duty (persiapan staf, sistem, dan dokumen), on duty (identifikasi bagasi tertunda, pencatatan data, pelacakan melalui WorldTracer, pemberian label AHL, hingga pengiriman ke penumpang), dan post duty (penyelesaian Baggage Delivery Order serta pelaporan). Kendala utama yang dihadapi adalah keterbatasan jumlah staf saat periode sibuk dan keterlambatan pembaruan informasi pada sistem WorldTracer. Secara umum, prosedur penanganan telah sesuai standar operasional, namun masih perlu peningkatan efisiensi melalui penguatan sumber daya manusia dan optimalisasi sistem informasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Delayed Baggage, Bandara |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata > Tugas Akhir |
Depositing User: | Luthfi Rizqullah |
Date Deposited: | 30 Aug 2025 05:28 |
Last Modified: | 30 Aug 2025 05:28 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18376 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |