Kepakisan, I Kadek Wibhu Siva Hanggara (2025) Implementasi Standar Operasional Prosedur dalam Menunjang Kinerja Guest Service pada Front Office Department di The Ritz-Carlton Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834180_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834180_0031126457_0025116207_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834180_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam menunjang kinerja Guest Service pada Front Office Department di The Ritz-Carlton Bali. Industri pariwisata, khususnya perhotelan, menuntut kualitas pelayanan yang tinggi, di mana Front Office menjadi titik kontak utama dengan tamu. SOP berperan krusial dalam memastikan konsistensi, efisiensi, dan meminimalisir kesalahan dalam pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian adalah implementasi SOP dalam menunjang kinerja Guest Service pada Front Office Department The Ritz-Carlton Bali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi SOP di The Ritz-Carlton Bali dalam menunjang kinerja Guest Service telah berjalan "sangat maksimal" dengan rata-rata persentase keseluruhan mencapai 96,49%. Indikator seperti efisiensi, konsistensi, minimalisasi kesalahan, penyelesaian masalah, prosedur kerja, dan peta kerja menunjukkan tingkat implementasi yang sangat tinggi, dengan beberapa mencapai 100% (efisiensi, konsistensi, dan prosedur kerja). Penelitian ini mengkaji implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam menunjang kinerja Guest Service pada Front Office Department di The Ritz Carlton Bali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SOP memiliki pengaruh positif terhadap kualitas kinerja, terutama dalam hal kuantitas dan kualitas hasil kerja. Beberapa indikator, seperti efisiensi dan konsistensi, telah menunjukkan keterkaitan yang signifikan dalam mendukung kelancaran operasional, dengan implementasi yang sangat maksimal. Meskipun demikian, masih terdapat potensi peningkatan dalam hal penyelesaian masalah dan minimisasi kesalahan yang lebih lanjut. Penerapan SOP yang lebih mendalam diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi kesalahan, dan mempercepat waktu respons terhadap keluhan tamu, serta meningkatkan kepuasan tamu secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Standar Operasional Prosedur (SOP), Kinerja, Guest Service, Front Office Department
Subjects: Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: I Kadek Wibhu Siva Hanggara Kepakisan
Date Deposited: 30 Aug 2025 05:37
Last Modified: 30 Aug 2025 05:37
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18389

Actions (login required)

View Item View Item