Triyanti, Ni Komang (2025) Analisis Peran Influencer Collaboration melalui Sosial Media Instagram sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness pada Sanctoo Suites & Villas. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_61316_2115754037_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_61316_2115754037_0009098408_0015097405_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (567kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_61316_2115754037_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer collaboration melalui media sosial Instagram terhadap brand awareness pada Sanctoo Suites & Villas, meningkatnya penggunaan media sosial sebagai media promosi, khususnya melalui kolaborasi dengan influencer yang dinilai mampu menjangkau audiens secara lebih efektif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah pengikut akun Instagram resmi Sanctoo Suites & Villas, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner, kemudian dianalisis dengan uji regresi linier sederhana. Dari hasil uji melalui regresi linier sederhana menunjukkan bahwa variabel influencer collaboration berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand awareness, dengan nilai koefisien sebesar 0,614 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa semakin intens dan efektif kolaborasi yang dilakukan dengan influencer, maka tingkat brand awareness yang terbentuk pada konsumen semakin tinggi. Koefisien determinasi (R²) determinasi (R²) mencapai 0,256 atau 25,6%. Angka ini mengindikasikan bahwa variabel Influencer (X) memberikan kontribusi sebesar 25,6% terhadap variabel brand awareness (Y). Persentase tersebut dapat dikatakan cukup, menandakan adanya pengaruh yang signifikan. Namun sementara itu, sisanya sebesar 74,4% dijelaskan dengan faktor lain di luar penelitian ini, Hasil ini menegaskan bahwa influencer yang dipilih dengan tepat dan relevan dengan target pasar memiliki potensi besar dalam memperkuat citra merek dan meningkatkan pengenalan merek di media sosial, khususnya Instagram.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Influencer Collaboration, Brand Awareness, Sosial Media Instagram |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Bisnis Digital > Skripsi |
Depositing User: | Ni Komang Triyanti |
Date Deposited: | 30 Aug 2025 10:23 |
Last Modified: | 30 Aug 2025 10:23 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18420 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |