Apriliasari, I Gusti Ayu (2025) Strategi Digital Marketing melalui Media Sosial dalam meningkatkan Penjualan pada Home-Based Industry Projectbyda. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93308_2115744138_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2115744138_0018027901_0633773674130272_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (774kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93308_2115744138_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi dan media sosial membawa pengaruh besar terhadap pelaku usaha, termasuk industri rumahan (home-based industry), dalam mempromosikan produk secara digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi digital marketing yang tepat bagi Projectbyda dalam meningkatkan penjualan melalui media sosial. Projectbyda merupakan usaha rumahan yang menjual hampers, bunga, dan hadiah, yang berlokasi di Denpasar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah model SOSTAC (Situation, Objective, Strategy, Tactics, Action, Control) yang dipadukan dengan analisis SWOT, 5S dan STP untuk memperkuat strategi yang dirancang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Projectbyda telah menggunakan media sosial seperti Instagram dan WhatsApp Business dalam kegiatan pemasaran, namun masih belum konsisten dan belum memiliki strategi yang terstruktur. Melalui pendekatan SOSTAC, dirancang strategi pemasaran digital yang meliputi penyusunan kalender konten, SOP pemasaran sederhana, katalog harga, serta pelatihan penggunaan Meta Business Suite. Dari penerapan strategi tersebut, terjadi peningkatan pada kualitas konten, interaksi pelanggan, dan alur komunikasi bisnis yang lebih rapi dan profesional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Digital Marketing, Media Sosial, Home-Based Industry
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: I Gusti Ayu Apriliasari
Date Deposited: 30 Aug 2025 08:58
Last Modified: 30 Aug 2025 08:58
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18424

Actions (login required)

View Item View Item