Sutami, Ni Made (2025) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Nasabah LPD Desa Adat Canggu. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_62301_2415664102_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_62301_2415664102_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (817kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_2415664102_0805118501_0003099601_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (379kB) |
Abstract
Industri keuangan di Indonesia telah mengalami pertumbuhan berkelanjutan sejak awal deregulasi, dengan perbankan sebagai motor utama dalam mendorong sektor usaha masyarakat dan penyediaan sumber pendanaan. Di Provinsi Bali, Lembaga Perkreditan Desa (LPD) hadir sebagai lembaga keuangan mikro berbasis adat yang berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan krama desa adat, mengurangi ketergantungan masyarakat pada rentenir, serta melestarikan nilai-nilai budaya melalui konsep Tri Hita Karana. LPD beroperasi dengan prinsip kekeluargaan dan norma adat, sehingga loyalitas nasabah menjadi salah satu faktor kunci untuk menjaga keberlanjutan lembaga. Namun, masih terdapat variasi tingkat loyalitas nasabah yang diduga dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan tingkat kepercayaan terhadap LPD. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah pada LPD Desa Adat Canggu. Jenis penelitian kuantitatif dengan teknik Accidental sampling, melibatkan 99 nasabah sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, demikian pula kepercayaan yang juga memiliki pengaruh positif dan signifikan. Secara simultan, kualitas pelayanan dan kepercayaan terbukti sebagai faktor penting yang mempengaruhi loyalitas nasabah. Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan kedua faktor tersebut dapat menjadi strategi efektif dalam menjaga dan memperkuat loyalitas nasabah, sehingga mendukung keberlanjutan LPD sebagai lembaga keuangan berbasis komunitas. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi pengelola LPD dalam merumuskan kebijakan pelayanan yang lebih strategis dan berorientasi pada kepuasan serta kepercayaan nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LPD Desa Adat Canggu, Kualitas pelayanan, Kepercayaan, Loyalitas Nasabah |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi |
Depositing User: | Ni Made Sutami |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 00:58 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 00:58 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18426 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |