Maheswary, Ni Wayan Thia (2025) Penanganan All Day Dining oleh Waiter/Waitress di Kwee Zeen Restaurant Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93402_2215823225_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2215823225_0031126242_0817029402_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penanganan All day dining oleh waiter/waitress di Kwee Zeen Restaurant Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanganan All day dining oleh waiter/waitress di Kwee Zeen Restaurant Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort dan menjelaskan kendala yang dihadapi dan memberikan solusi pada saat penanganan All day dining oleh waiter/waitress di Kwee Zeen Restaurant Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort. Penelitian ini memanfaatkan berbagai teknik pengumpulan data dengan metode Observasi dengan melakukan pengamatan langsung dan pencatatan aspek-aspek penting dari penanganan All day dining di restoran. Melakukan wawancara dengan manajer, leader, ambasador dan daily worker untuk mengumpulkan wawasan tentang penanganan All day dining. Studi Pustaka dengan membaca referensi dari buku atau mencari referensi melalui internet seperti jurnal, laporan ilmiah dan artikel dari sumber terpercaya. Memanfaatkan metode deskriptif untuk menganalisis data, yang melibatkan penjelasan dan merinci informasi yang diperoleh dari restoran. Hasil disajikan menggunakan metode informal dan formal. All day dining merupakan pelayanan di Kwee Zeen Restaurant yang diberikan kepada tamu menawarkan layanan makanan sepanjang hari mulai dari Breakfast, Lunch, dan Dinner. Penanganan All day dining dapat dibagi menjadi tiga tahap utama yaitu Persiapan, Pelaksanaan, dan Tahap akhir. Pada tahap persiapan penekanan ditempatkan pada Personal Hygiene, Absensi, Personal grooming, Persiapan peralatan dan area kerja. Tahap Pelaksanaan melibatkan menyambut dan mengantar tamu, menyajikan menu, menyajikan minuman dan makanan, dan mengelola pembayaran tagihan. Tahap akhir berfokus pada membersihkan meja, membersihkan area kerja, dan melakukan inventory. Terdapat kendala yang dihadapi termasuk kekurangan peralatan di operasional, keterlambatan dalam persiapan table set-up, keterlambatan penyajian makanan karena tamu memiliki allergic/preference, tamu grup dan walk in yang datang bersamaan yang mengakibatkan waiter/waitress kewalahan, tamu komplain akibat situasi restoran yang crowded, keterlambatan dalam menyajikan pesanan tamu dan terjadi miskomunikasi antar waiter/waitress. Solusi melibatkan koordinasi yang lebih baik dengan manajemen untuk peralatan, peningkatan komunikasi dengan tim kitchen untuk kebutuhan diet khusus. Penanganan yang efektif di Kwee Zeen Restaurant sangat bergantung pada persiapan yang matang, kepatuhan terhadap standar layanan selama pelaksanaan. Mengatasi gangguan melalui komunikasi proaktif, Optimalisasi penyajian makanan bagi tamu yang memiliki allergic/preference dan kolaborasi antar tim yang sangat penting untuk menjaga kualitas layanan dan kenyamanan tamu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penanganan, All day dining, Waiter/waitress
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Wayan Thia Maheswary
Date Deposited: 03 Sep 2025 12:55
Last Modified: 03 Sep 2025 12:55
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18430

Actions (login required)

View Item View Item