Suarta, I Wayan (2025) Implementasi Squence of Service dalam Meningkatkan Kepuasan Tamu di Kayangan Restaurant Holiday Resort Lombok. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93303_2415584045_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2415584045_0015096308_0001056408_part.pdf - Accepted Version Download (727kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93303_2415584045_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kayangan Restaurant di Holiday Resort Lombok, sebagai bagian dari industri pariwisata, berkomitmen memberikan layanan berkualitas kepada tamunya. Namun, untuk mengetahui sejauh mana implementasi Sequence of Service berkontribusi terhadap kepuasan tamu, diperlukan penelitian lebih lanjut. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi sequence of service di Kayangan Restaurant Holiday Resort Lombok serta untuk mengetahui mengenai kepuasan tamu terhadap sequence of service yang telah diimplementasikan Kayangan Restaurant Holiday Resort Lombok. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan informan yang digunakan adalah beberapa staf dan departemen head, seperti Food and Beverage Director, General Manager, Front Office Manager, dan Restaurant Manager. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa implementasi Sequence of Service di Kayangan Restaurant telah berjalan dengan baik dan sesuai standar operasional. Setiap tahapan pelayanan, mulai dari penyambutan tamu, pengambilan pesanan, hingga penyajian makanan, dilakukan dengan profesionalisme dan keramahan. Penerapan Sequence of Service ini berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kepuasan tamu, yang ditunjukkan oleh tanggapan positif dari para tamu, dimana dalam platform tripadvisor Kayangan Restaurant mendapat rating nyaris sempurna yaitu 4.9, hasil ulasan kepuasan tamu pada platform tersebut menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi Sequence of Service di Kayangan Restaurant Holiday Resort Lombok secara efektif meningkatkan kepuasan tamu. Dengan tetap menjaga kualitas pelayanan dan terus meningkatkan standar Sequence of Service, restoran dapat mempertahankan reputasi positifnya dan meningkatkan loyalitas tamu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sequence of Service, Kepuasan Tamu, Kayangan Restaurant, Holiday Resort Lombok |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | I Wayan Suarta |
Date Deposited: | 07 Sep 2025 08:01 |
Last Modified: | 07 Sep 2025 08:01 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18437 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |