Putra, Wisnu Andika (2025) Penerapan Sop Pelayanan untuk Mendukung Kualitas Pelayanan Vista Bar di St Regis Bali Resort Nusa Dua Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834178_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834178_0026106308_0016129407_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (950kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834178_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan SOP Pelayanan Untuk Mendukung Kualitas Pelayanan Di Vista Bar St Regis Bali Resort Di Nusa Dua Bali. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada 14 responden yang terdiri dari supervisor, leader in charge, dan bar waiter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SOP pelayanan memberikan dampak positif terhadap kualitas pelayanan. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kuesioner sebesar 3,92 yang berada dalam kategori “sangat baik”. Penerapan SOP pelayanan mampu meningkatkan efisiensi kerja (85,7%), konsistensi pelayanan (78,6%), dan rasa percaya diri karyawan dalam melayani tamu. Namun demikian, masih terdapat kendala seperti kurangnya pengawasan berkala dan belum diterapkannya sanksi tegas atas pelanggaran SOP. Oleh karena itu, evaluasi rutin dan pelatihan berkelanjutan sangat diperlukan guna menjaga efektivitas penerapan SOP pelayanan dalam mendukung pelayanan yang optimal. Selain itu, dimensi kualitas pelayanan yang meliputi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati juga menunjukkan hasil yang positif. Staf dapat menjaga penampilan tempat kerja dengan baik, memberikan pelayanan secara konsisten dan tepat, bersikap sigap dalam merespon kebutuhan tamu, serta menunjukkan sikap profesional dan perhatian secara personal kepada pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan SOP pelayanan selaras dengan upaya meningkatkan mutu pelayanan secara menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan SOP, Karyawan, Pelayanan, Vista Bar, St. Regis Bali Resort, Kualitas Pelayanan |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Wisnu Andika Putra |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 01:18 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 01:18 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18462 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |