Wiradnyana, I Made Budi (2025) Pengaruh Reward terhadap Kinerja Karyawan Front Office di Renaissance Bali Nusa Dua Resort. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834068_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover,Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834068_0025096002_0016129407_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (327kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834068_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan optimal di industri perhotelan sangat bergantung pada kinerja karyawan, khususnya di bagian front office yang berinteraksi langsung dengan tamu. Salah satu faktor yang memengaruhi kinerja adalah reward, baik secara intrinsik maupun ekstrinsik, sebagaimana dijelaskan oleh Ivancevich (2014) dalam buku Organizational Behavior & Management. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reward terhadap kinerja karyawan front office di Renaissance Bali Nusa Dua Resort. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linear sederhana. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 45 responden dan penyebaran formulir wawancara kepada 3 responde yang merupakan karyawan front office. Hasil analisis menunjukkan bahwa reward berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,736. Artinya, reward berkontribusi sebesar 73,6% terhadap peningkatan kinerja karyawan dimana ini juga didukung oleh temuan hasil wawancara sebagai data validasi. Temuan ini menunjukkan bahwa sistem reward yang tepat dapat meningkatkan motivasi, tanggung jawab, dan produktivitas kerja. Oleh karena itu, manajemen hotel disarankan untuk mempertahankan serta mengembangkan sistem reward yang adil dan transparan guna meningkatkan kinerja karyawan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reward, Kinerja Karyawan, Front Office, Industri Perhotelan |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | I Made Budi Wiradnyana |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 02:01 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 02:01 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18534 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |