Wiradnyana, I Made Budi (2025) Pengaruh Reward terhadap Kinerja Karyawan Front Office di Renaissance Bali Nusa Dua Resort. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834068_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover,Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover,Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834068_0025096002_0016129407_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (327kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834068_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan optimal di industri perhotelan sangat bergantung pada kinerja karyawan, khususnya di bagian front office yang berinteraksi langsung dengan tamu. Salah satu faktor yang memengaruhi kinerja adalah reward, baik secara intrinsik maupun ekstrinsik, sebagaimana dijelaskan oleh Ivancevich (2014) dalam buku Organizational Behavior & Management. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reward terhadap kinerja karyawan front office di Renaissance Bali Nusa Dua Resort. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linear sederhana. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 45 responden dan penyebaran formulir wawancara kepada 3 responde yang merupakan karyawan front office. Hasil analisis menunjukkan bahwa reward berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,736. Artinya, reward berkontribusi sebesar 73,6% terhadap peningkatan kinerja karyawan dimana ini juga didukung oleh temuan hasil wawancara sebagai data validasi. Temuan ini menunjukkan bahwa sistem reward yang tepat dapat meningkatkan motivasi, tanggung jawab, dan produktivitas kerja. Oleh karena itu, manajemen hotel disarankan untuk mempertahankan serta mengembangkan sistem reward yang adil dan transparan guna meningkatkan kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Reward, Kinerja Karyawan, Front Office, Industri Perhotelan
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: I Made Budi Wiradnyana
Date Deposited: 01 Sep 2025 02:01
Last Modified: 01 Sep 2025 02:01
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18534

Actions (login required)

View Item View Item