Putra, I Putu Devid Pramana (2025) Implementasi Manajemen Beban Kerja untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Front Office di Alila Villa Uluwatu. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834033_Full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834033_0004037205_0016129407_Part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (751kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834033_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (975kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen beban kerja dapat meningkatkan kinerja karyawan front office di Alila Villas Uluwatu. Karyawan front office memiliki peran krusial dalam menciptakan pengalaman tamu yang berkualitas. Beban kerja yang tidak dikelola dengan baik dapat menurunkan kinerja dan meningkatkan stres kerja. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method), yakni pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada seluruh karyawan front office sebanyak 50 orang, serta pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil kuantitatif menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif signifikan antara beban kerja dan kinerja karyawan, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,969 dan nilai signifikansi 0,001 (< 0,05). Model regresi sederhana menghasilkan persamaan Y = 7.794 + 0,907X, dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 93,9%, yang berarti variabel beban kerja mampu menjelaskan kinerja karyawan sebesar 93,9%. Sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Hasil kualitatif menunjukkan bahwa pembagian shift kerja yang adil, pelatihan berkala, dan kegiatan non-formal seperti movie night out, Alila Idol, dan Food Festival adalah cara untuk mengurangi beban kerja. Kegiatan ini meningkatkan kesetiaan dan semangat kerja. Namun, karena beberapa adanya benturan dengan jadwal kerja, banyak karyawan yang tidak dapat menghadiri kegiatan . Penelitian ini menemukan bahwa menerapkan manajemen beban kerja yang tepat dapat meningkatkan kinerja karyawan front office dan menciptakan tempat kerja yang produktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Beban Kerja, Kinerja Karyawan, Front Office, Industri Perhotelan, Alila Villas Uluwatu |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | I Putu Devid Pramana Putra |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 03:00 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 03:00 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18599 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |