Devi, Sang Ayutu Laksmi Parashita (2025) Pengaruh Online Review terhadap Keputusan Pembelian Kamar di The Westin Resort Nusa Dua Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93303_2415854037_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2415854037_0021076107_0830128906_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93303_2415854037_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian, khususnya dalam industri pariwisata dan perhotelan. Salah satu aspek penting dalam proses tersebut adalah keberadaan online review yang tersedia melalui berbagai platform digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online review terhadap keputusan pembelian kamar di The Westin Resort Nusa Dua Bali. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei, dan data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 45 responden yang pernah menginap dan melakukan pemesanan kamar berdasar pada referensi online review. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tamu yang pernah memesan kamar dan pernah membaca online review pada tahun 2024. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa online review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kamar, dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 78,6% keputusan pembelian dipengaruhi oleh online review dan sebanyak 21,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Temuan ini menunjukkan pentingnya manajemen reputasi online dalam meningkatkan daya saing hotel. Oleh karena itu, manajemen The Westin Resort Nusa Dua Bali disarankan untuk terus memantau, merespons, dan mendorong review positif dari tamu, serta menjadikan umpan balik sebagai bahan evaluasi layanan secara berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Online Review, Keputusan Pembelian, Kamar |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Sang Ayutu Laksmi Parashita Devi |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 04:43 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 04:43 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18648 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |