Dewi, Komang Trisna (2025) Implementasi E-Service dalam Mendukung Green Restaurant pada Koral Restaurant The Apurva Kempinski Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93303_2415854057_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5, dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5, dan Referensi)
RAMA_93303_2415854057_0031126285_0022099010_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (433kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2415854057_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi e-service dalam mendukung green restaurant di The Apurva Kempinski Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, melalui observasi partisipatif dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi e-service dalam mendukung konsep green restaurant pada Koral Restaurant The Apurva Kempinski Bali melalui empat indikator utama, yaitu Safe & Secure, Ubiquitous, Simple & Easy, dan Innovability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-service telah berperan signifikan dalam mendukung praktik ramah lingkungan, seperti efisiensi energi dan air, pengelolaan limbah, serta penyediaan makanan berkelanjutan. Safe & Secure tercermin melalui sistem keamanan dan informasi bahan makanan, sementara Ubiquitous diwujudkan dalam kemudahan layanan reservasi online, Simple & Easy pada proses pemesanan yang sederhana, dan Innovability pada penggunaan teknologi digital untuk edukasi dan pengelolaan lingkungan. Namun, masih terdapat beberapa indikator yang belum optimal, seperti fitur edukasi green practices pada pelanggan, penguatan perlindungan privasi dan keamanan data, serta optimasi operasional digital pada aspek efisiensi energi. Oleh karena itu, disarankan agar pengelola restoran meningkatkan edukasi digital kepada pelanggan mengenai praktik ramah lingkungan, memperkuat perlindungan data pada layanan digital, dan mengoptimalkan sistem manajemen energi secara digital guna mewujudkan operasional restoran yang lebih berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Green Hotel, Lingkungan Yang Berkelanjutan, Restoran, Implementasi
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Komang Trisna Dewi
Date Deposited: 03 Sep 2025 13:14
Last Modified: 03 Sep 2025 13:14
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18710

Actions (login required)

View Item View Item