Sucipta, I Gede Wisnu (2025) Analisis Motivasi dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan Front Office di The Laguna, A Luxury Collection Resort & Spa. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834141_FULL.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834141_0025116207_0006126808_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (652kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834141_i-Thenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dan beban kerja terhadap kinerja karyawan di The Laguna, A Luxury Collection Resort & Spa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan studi literatur. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 43 sampel karyawan front office dan 1 informan kunci menggunakan metode sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai t-tes sebesar 5,728, yang lebih besar dari nilai t-tabel sebesar 1,684. Sebaliknya, beban kerja memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja karyawan dengan nilai uji-t sebesar -2,118, yang juga lebih besar dari nilai tabel-t 1,684. Melalui wawancara dengan manajemen, terungkap bahwa motivasi dapat ditingkatkan melalui lingkungan kerja yang baik dan komunikasi yang efektif, sementara manajemen beban kerja yang tepat dapat dicapai melalui sistem yang jelas dan pelatihan berkelanjutan. Untuk meningkatkan kinerja karyawan, manajemen di The Laguna telah mengidentifikasi beberapa strategi, yaitu meningkatkan motivasi karyawan melalui penciptaan lingkungan kerja yang sehat dan komunikasi yang jelas, serta mengelola beban kerja dengan menerapkan sistem Balance Score Card yang memungkinkan setiap individu memahami target dan ekspektasi perusahaan. Memberikan pelatihan yang sesuai untuk mengembangkan keterampilan interpersonal karyawan dan mendorong mereka untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab. Pendekatan ini memungkinkan karyawan untuk beradaptasi dengan perubahan dan tantangan yang ada, terutama dalam situasi permintaan tinggi, di mana komunikasi yang efektif dan alokasi tugas yang jelas adalah kunci untuk memastikan operasi yang lancar dan pengalaman check-in yang baik bagi tamu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Beban Kerja, Kinerja Karyawan
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: I Gede Wisnu Sucipta
Date Deposited: 01 Sep 2025 08:11
Last Modified: 01 Sep 2025 08:11
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18759

Actions (login required)

View Item View Item