Putra, Kadek Randy Permata (2025) Implementasi Training and Development dalam Meningkatkan Kinerja Guest Experience Maker pada Six Senses Uluwatu. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834069_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834069_0004037205_0008089105_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (480kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834069_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi training and development mampu meningkatkan kinerja Guest Experience Maker (GEM) di Six Senses Uluwatu. Alasan utama penelitian ini dilakukan adalah karena posisi GEM memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan personal kepada tamu, sehingga peningkatan kualitas kerja mereka menjadi hal yang krusial dalam industri perhotelan mewah. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur terhadap Assistant Front Office Manager, Supervisor GEM, dan beberapa GEM, serta didukung dengan observasi langsung dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis Miles & Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelatihan dilaksanakan secara sistematis mulai dari analisis kebutuhan, penyusunan materi, pelaksanaan, hingga evaluasi, yang secara langsung berdampak pada peningkatan kemampuan teknis, komunikasi, konsistensi pelayanan, serta motivasi kerja GEM. Dengan demikian, implementasi training and development yang tepat mampu memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kinerja individu maupun tim GEM secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelatihan, Pengembangan, Kinerja, Guest Experience Maker, Six Senses Uluwatu |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Kadek Randy Permata Putra |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 09:39 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 09:39 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18783 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |