Induratana, Ayu Ashelia (2025) Pengaruh Sistem Manajemen Kinerja terhadap Optimalisasi Kinerja Operasional Kriya Spa di Grand Hyatt Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834176_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5, Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5, Referensi)
RAMA_93303_2115834176_0021076107_0022099010_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (425kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834176_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (779kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Nusa Dua dengan fokus lokasi yaitu Kriya Spa di Grand Hyatt Bali yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem manajemen kinerja mempengaruhi optimalisasi kinerja Kriya Spa di Grand Hyatt Bali. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada seluruh karyawan yang berjumlah 43 orang dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, kedua dimensi sistem manajemen kinerja memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja operasional, sedangkan dimensi lainnya tidak menunjukkan pengaruh signifikan secara individual, mengindikasikan perlunya evaluasi terhadap sistem penilaian yang diterapkan. Namun, secara simultan, ketiga dimensi sistem manajemen kinerja terbukti berkontribusi secara signifikan terhadap optimalisasi kinerja operasional, menegaskan bahwa sistem manajemen kinerja berperan penting dalam optimalisasi operasional Kriya Spa. Berdasarkan hasil analisis, penulis merekomendasikan penerapan sistem digital berbasis Key Performance Indicators (KPI) atau sistem kinerja digital untuk meningkatkan objektivitas, akurasi, dan transparansi dalam penilaian kinerja. Digitalisasi ini juga memungkinkan pemantauan real-time, penyimpanan data yang terdokumentasi dengan baik, serta pengambilan keputusan berbasis data, sehingga dapat mendorong budaya kerja yang lebih adaptif dan berorientasi pada hasil. Dengan adanya transformasi ke arah digitalisasi, diharapkan Kriya Spa di Grand Hyatt Bali mampu meningkatkan efektivitas evaluasi kinerja individu dan tim serta mengoptimalkan kinerja operasional secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Operasional, Optimalisasi, Sistem Manajemen, Spa
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Ayu Ashelia Induratana
Date Deposited: 03 Sep 2025 13:34
Last Modified: 03 Sep 2025 13:34
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18844

Actions (login required)

View Item View Item