Narayasa, Ni Made Irene Kharisma (2025) Peningkatan Direct Booking dengan menggunakan Strategi Pemasaran melalui Program Penawaran Khusus dan Kolaborasi di Hotel Merusaka Nusa Dua. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93308_2115744112_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2115744112_0026076108_0031126361_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (966kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93308_2115744112_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran melalui program penawaran khusus dan kolaborasi terhadap peningkatan direct booking di Merusaka Nusa Dua. Pentingnya direct booking di tengah dinamika industri perhotelan yang kompetitif menjadi latar belakang utama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, mengumpulkan data melalui kuesioner dari konsumen Merusaka Nusa Dua dan agen perjalanan yang bekerja sama. Sampel penelitian berjumlah 96 responden, ditentukan menggunakan rumus Lemeshow dan dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menemukan bahwa baik penawaran khusus maupun kolaborasi secara individual memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap direct booking. Secara bersamaan, kedua strategi ini juga berpengaruh signifikan. Penawaran khusus memiliki koefisien regresi 0,564 (sig. 0,001) dan kolaborasi sebesar 0,228 (sig. 0,010). Model regresi menunjukkan bahwa 57,2% variasi direct booking dijelaskan oleh kedua variabel ini. Disimpulkan bahwa pengoptimalan penawaran khusus dan kolaborasi efektif dalam meningkatkan pemesanan langsung hotel dengan rentang nilai antara 51% hingga 75%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Direct Booking, Penawaran Khusus, Kolaborasi, Strategi Pemasaran, Hotel. |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Ni Made Irene Kharisma Narayasa |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 09:43 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 09:43 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18885 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |