Tyas, A A Mirah Sukeraning (2025) Pengaruh Promotion Mix terhadap Purchase Intention dengan Brand Awareness sebagai Mediator di Hotel Aloft Bali Seminyak. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5, dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5, dan Referensi)
RAMA_93308_2115744025_0001048404_0029096404_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93308_2115744025_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93308_2115744025_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Bali merupakan salah satu destinasi wisata paling terkenal di Indonesia yang secara konsisten menarik jumlah kunjungan internasional yang besar setiap tahunnya. Pertumbuhan sektor pariwisata di Bali telah menyebabkan persaingan yang ketat di antara hotel-hotel, mendorong setiap hotel untuk menerapkan strategi pemasaran yang efektif guna menarik dan mempertahankan tamu. Salah satu tantangan utama bagi para pelaku industri perhotelan adalah meningkatkan niat beli dari calon tamu di tengah pasar yang sudah jenuh. Promotion mix yang terintegrasi, dengan brand awareness sebagai mediator yang krusial, diyakini memainkan peran penting dalam memengaruhi perilaku konsumen dan mendorong keputusan pemesanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh langsung dan tidak langsung dari promotion mix terhadap purchase intention, dengan brand awareness sebagai variabel mediasi di Hotel Aloft Bali Seminyak. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden dari calon tamu yang didapat melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling–Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa promotion mix berpengaruh positif secara signifikan terhadap brand awareness dan purchase intention. Selain itu, brand awareness terbukti secara signifikan memediasi hubungan antara promotion mix dan purchase intention. Temuan ini menunjukkan bahwa kegiatan promosi yang terintegrasi dan efektif membantu memperkuat pengenalan merek dan mendorong niat konsumen untuk melakukan pemesanan di hotel. Studi ini merekomendasikan agar manajemen hotel meningkatkan upaya promosi yang terkoordinasi guna memperkuat posisi merek dan meningkatkan niat beli di pasar sasaran mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Promotion Mix, Brand Awareness, Purchase Intention
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: A.a. Mirah Sukeraning Tyas
Date Deposited: 02 Sep 2025 10:04
Last Modified: 02 Sep 2025 10:04
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18927

Actions (login required)

View Item View Item