Murdana, I Made (2025) Digitalisasi Pelayanan Nasabah untuk Meningkatkan Profitabilitas Lembaga Perkreditan Desa pada Desa Adat Dalung. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Text Full)
RAMA_62301_2415664095_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (813kB) | Request a copy |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_62301_2415664095_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (539kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, BAB I, BAB V, Referensi)
RAMA_62301_2415664095_0014097703_0011109503_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (405kB) |
Abstract
Pergeseran era pelayanan dari manual ke era layanan digital menuntut lembaga keuangan termasuk Lembaga Perkreditan Desa (LPD) untuk mengikutinya demi going concern lembaga tersebut. Penelitian ini menganalisis bagaimana digitalisasi pelayanan nasabah untuk meningkatkan profitabilitas LPD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam semi terstruktur dengan nasabah LPD yang sudah menggunakan layanan digital dan yang berpotensi menggunakan layanan digital. Upaya yang digunakan untuk meningkatkan kualitas data dengan pemuatan data observasi lapangan di LPD serta analisis dokumen LPD sehingga data yang diperoleh menjadi lebih lengkap, kredibel, dan teruji. Digitalisasi layanan ditinjau dari sisi kemudahan serta kebermanfaatan layanan digital LPD serta menganalisis hasil wawancara dengan para informan yang menyatakan puas atas layanan digital LPD. Kepuasan nasabah atas kemudahan dan kebermanfaatan layanan digital yang dirasakan meningkatkan jumlah nasabah baik dalam segi jumlah nasabah dalam menempatkan dana ataupun nasabah dalam menggunakan produk kredit LPD sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan pendapatan atau profitabilitas LPD, hal tersebut dibuktikan dari rekomendasi yang diberikan oleh para informan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan saran nyata bagi pengembangan LPD untuk menyusun strategi digitalisasi berorientasi layanan yang berkelanjutan dan adaptif agar lembaga keuangan berbasis komunitas dapat meningkatkan kepuasan, loyalitas, dan keberlanjutan lembaga secara konsisten dalam jangka panjang. Kata Kunci: Digitalisasi, Layanan, Lembaga Perkreditan Desa, Profitabilitas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Digitalisasi, Layanan, Lembaga Perkreditan Desa, Profitabilitas |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi |
Depositing User: | I Made Murdana |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 01:31 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 01:31 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18948 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |