Maharani, I Gusti Ayu Galih Manik (2025) Implementasi Strategi Content Marketing Media Sosial Instagram pada Nio Nirmala Oil. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93308_2115744108_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2115744108_0021106703_0005037704_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (604kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_933080_2115744108_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi strategi content marketing media sosial Instagram @nionirmalaoil.official milik UD Amerta Buana sebuah usaha produk herbal. Latar belakang penelitian ini adalah pemanfaatan Instagram yang belum optimal, seperti variasi konten yang terbatas, rendahnya interaksi audiens, serta distribusi konten yang tidak konsisten. Penelitain ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis Instagram insight. Analisis data dilakukan berdasarkan delapan (8) langkah pemasaran konten menurut Kotler (2017) yaitu goal setting, audience mapping, content ideation and planning, content creation, content distribution, content amplification, content marketing evaluation, content marketing improvement. Selain itu, penelitian ini juga mengacu pada lima (5) dimensi content marketing menurut Karr (2016) yaitu reader cognition, sharing motivation, persuasion, decision making dan life factors. Hail penelitian menunjukkan bahwa perusahaan telah menerapkan delapan (8) langkah pemasaran konten marketing. namun pelaksanaannya sederhana, dan belum terencana secara sistematis. Proses pembuatan konten dilakukan secara manual dengan sumber daya yang terbatas, dan distribusi hanya berfokus pada Instagram tanpa jadwal unggahan yang terstruktur. Jenis konten yang palingbanyak menarik audiens adakah konten edukasi dan testimoni pelanggan, meskipun strategi promosi berbayar maupun kolaborasi belum dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini merekomendasikan penguatan strategi pemasaran konten melalui perencanaan unggahan yang lebih terjadwal, variasi format konten yang sesuai kebutuhan audiens, serta pemanfaatan fitur digital melalui Meta Business Suite untuk evaluasi performa. Temuan ini diharapkan dapat menjadi pedoman strategi content marketing bagi UD Amerta Buana maupun pelaku UMKM dalam mengembangkan promosi digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Content Marketing, Media Sosial, Instagram, UMKM, Promosi Digital
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: I Gusti Ayu Galih Manik Maharani
Date Deposited: 02 Sep 2025 10:17
Last Modified: 02 Sep 2025 10:17
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18955

Actions (login required)

View Item View Item