Tismasari, Kadek Ayu Mawar (2025) Persepsi Karyawan Reservasi terhadap Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence sebagai Sumber dalam Meningkatkan Performa Kerja: Studi di Ayana Resort Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93308_2115744157_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2115744157_0015097405_0027086808_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (419kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93308_2115744157_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami persepsi karyawan reservasi terhadap pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI), khususnya aplikasi ChatGPT, dalam meningkatkan performa kerja di AYANA Resort Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan AI diterima secara positif oleh sebagian besar karyawan karena mampu mendukung efisiensi kerja, mempercepat proses pencarian informasi, serta membantu dalam penyusunan komunikasi dengan tamu. Persepsi ini dipengaruhi oleh faktor individu, situasional, dan psikologis, sebagaimana dijelaskan dalam teori persepsi Robbins & Judge. Selain itu, penerimaan teknologi AI juga dipengaruhi oleh persepsi terhadap kemudahan penggunaan (perceived ease of use) dan manfaatnya (perceived usefulness), sebagaimana dijelaskan dalam Technology Acceptance Model (TAM).Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap penguatan teori persepsi dan penerimaan teknologi, serta memberikan implikasi praktis bagi manajemen hotel dalam optimalisasi pemanfaatan teknologi AI di lingkungan kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Artificial Intelligence, ChatGPT, Penerimaan Teknologi, Performa Kerja
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Kadek Ayu Mawar Tismasari
Date Deposited: 02 Sep 2025 10:20
Last Modified: 02 Sep 2025 10:20
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18976

Actions (login required)

View Item View Item