Ryana, Komang Teresya Devi (2025) Analisis Potensi Penerapan Strategi Digital Marketing melalui Content Marketing untuk Meningkatkan Penjualan pada UMKM di Kota Denpasar (Studi Kasus: Labclean Supermarket Laundry). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93308_2115744123_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2115744123_0029096404_0808119202_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (960kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93308_2115744123_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi digital mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mengadopsi strategi pemasaran berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi penerapan strategi digital marketing melalui pendekatan content marketing dalam meningkatkan penjualan pada UMKM, dengan studi kasus pada LabClean Supermarket Laundry di Kota Denpasar. LabClean merupakan UMKM yang menyediakan perlengkapan usaha laundry dan tengah menghadapi tantangan persaingan pasar yang semakin kompetitif. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis dilakukan menggunakan metode SWOT dan pemetaan Matriks IE. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai kekuatan (Strengths) sebesar 2.65, kelemahan (Weaknesses) 0.47, peluang (opportunities) 1.90, dan ancaman (Threats) 1.10. Dengan demikian, titik koordinat SWOT berada pada (2.18; 0.80), menempatkan perusahaan dalam Kuadran I (agresif). Sementara itu, total skor IFAS sebesar 2.84 dan EFAS sebesar 2.58 menunjukkan posisi perusahaan pada Sel I Matriks IE, yang berarti perusahaan berada dalam kondisi untuk menerapkan strategi pertumbuhan (growth strategy) melalui integrasi vertikal. Penerapan content marketing terbukti efektif dalam meningkatkan brand awareness dan potensi penjualan, terutama melalui platform digital seperti Instagram, TikTok, dan e-commerce. Meskipun demikian, hambatan seperti keterbatasan SDM dan anggaran masih perlu diatasi melalui perencanaan konten yang lebih strategis dan kolaborasi dengan pihak eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, Content Marketing, UMKM, Strategi Pemasaran, LabClean Supermarket Laundry.
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Komang Teresya Devi Ryana
Date Deposited: 04 Sep 2025 15:04
Last Modified: 04 Sep 2025 15:04
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/19077

Actions (login required)

View Item View Item