Hottra, Rasma (2025) Pengaruh Digital Marketing dan Variasi Produk terhadap Brand Awareness (Dengan Strategi Storytelling Melalui Platform Instagram pada Brand Mean Parfum). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93308_2115744105_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2115744105_0031019202_0005037704_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (770kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93308_2115744105_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan variasi produk terhadap brand awareness pada konsumen Mean Parfum. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya kesadaran merek (brand awareness) dalam membangun kekuatan merek, khususnya di tengah persaingan industri parfum yang semakin kompetitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 95 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda yang diuji melalui SPSS, serta dilengkapi dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, linearitas, dan uji asumsi klasik lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness (Y), dengan nilai signifikansi < 0.001 dan nilai t hitung sebesar 7.713. Hal ini mengindikasikan bahwa strategi digital marketing berbasis storytelling yang dijalankan oleh Mean Parfum mampu meningkatkan kesadaran konsumen terhadap merek. Sebaliknya, variasi produk (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap brand awareness, dengan nilai signifikansi sebesar 0.133 dan t hitung -1.516. Ketidaksignifikanan ini diduga karena kurangnya diferensiasi varian serta penamaan yang tidak cukup kuat untuk memperkuat identitas merek di benak konsumen. Uji F menunjukkan bahwa kedua variabel secara simultan berpengaruh signifikan terhadap brand awareness, dengan nilai F hitung sebesar 32.104 dan signifikansi < 0.001. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0.411 menunjukkan bahwa 41,1% variasi brand awareness dapat dijelaskan oleh digital marketing dan variasi produk, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Marketing, Variasi Produk, Brand Awareness |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Rasma Hottra |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 15:24 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 15:24 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/19078 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |