Wulandari, Ni Made Devi (2025) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Tamu di Kamil Villas. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93303_2415854067_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2415854067_0004037205_0004077508_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (591kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2415854067_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu di Kamil Villas. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan observasi lapangan, menyebarkan kuesioner dengan cara sampel jenuh kepada 74 tamu sebagai responden dan wawancara bersama Front Office dan Operational Manager. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS Statistic 27. Hasil analisis menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap kepuasan tamu di Kamil Villas sebesar 92,5% sedangkan sisanya yaitu sebesar 7,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Dimensi tangible memperoleh nilai rata-rata tertinggi yaitu 4,69. Sebaliknya dimensi empati mendapatkan nilai terendah yaitu 4,26. Nilai Adjusted R2 yang sangat tinggi ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki peran penting dalam menentukan tingkat kepuasan tamu. Oleh karena itu pihak Kamil Villas perlu mempertahankan dimensi yang sudah baik dan memperbaiki aspek pelayanan yang masih kurang untuk meningkatlkan kepuasan tamu yang pada akhirnya dapat menciptakan loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Tamu, Dimensi SERVQUAL, Pengaruh
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Ni Made Devi Wulandari
Date Deposited: 05 Sep 2025 09:48
Last Modified: 05 Sep 2025 09:48
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/19102

Actions (login required)

View Item View Item