Anggreni, Ni Made Putri Ayu (2025) Analisis Market Share Online Travel Agent terhadap Pemesanan Kamar di Hotel The Seminyak Beach Resort & Spa. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93308_2115744009_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5, dan Referensi)
RAMA_93308_2115744009_0012036408_0020046804_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (585kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93308_2115744009_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi Online Travel Agent (OTA) terhadap total pemesanan kamar di The Seminyak Beach Resort & Spa selama tahun 2024. OTA merupakan salah satu saluran distribusiDigital yang berperan penting dalam industri perhotelan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif non statistik, yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara kuantitatif tanpa melakukan pengujian hipotesis atau analisis statistik lanjutan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa OTA memberikan kontribusi sebesar 51,14% dari total 28.540 room night yang tercatat selama tahun 2024. Booking.com tercatat sebagai OTA dengan kontribusi terbesar, diikuti oleh Expedia dan Agoda. Temuan ini menunjukkan pentingnya saluran OTA sebagai bagian dari strategi distribusi hotel. Penelitian ini memperkuat konsep bahwa market share dapat digunakan sebagai indikator keberhasilan saluran distribusi dalam mendukung strategi pemasaran hotel. Selain itu, hasil penelitian juga memberikan implikasi praktis bagi manajemen hotel untuk mengevaluasi strategi promosi dan kerja sama dengan OTA agar lebih efektif dan terarah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Market Share, Online Travel Agent, Pemesanan Kamar, Strategi Pemasaran, Deskriptif Non Statistik |
Subjects: | Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Ni Made Putri Ayu Anggreni |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 15:49 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 15:49 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/19104 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |