Pranajaya, I Kadek Putra (2025) Analisis Pengaruh Adanya JB School terhadap Kinerja Ruas Jalan Imam Bonjol. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_22302_2115124040_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_22302_2115124040_0023046604_0004066609_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_22302_2115124040_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Jalan Imam Bonjol merupakan salah satu ruas jalan utama di Kota Denpasar yang mengalami peningkatan volume lalu lintas, terutama pada jam-jam sibuk. Keberadaan JB School di sepanjang jalan ini menyebabkan penambahan aktivitas kendaraan, khususnya saat jam antar-jemput siswa, yang berdampak pada terganggunya kelancaran lalu lintas. Arus menjadi tidak stabil dan kecepatan kendaraan menurun akibat peningkatan hambatan samping. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja ruas jalan akibat adanya JB School dengan mengukur volume lalu lintas, kapasitas jalan, kecepatan arus bebas, derajat kejenuhan, dan tingkat pelayanan. Selain itu, dilakukan simulasi solusi untuk mengevaluasi dampak penerapan skenario perbaikan terhadap peningkatan kinerja jalan. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif berdasarkan pedoman MKJI 1997. Data primer dikumpulkan melalui survey volume lalu lintas dan hambatan samping. Analisis dilakukan pada dua arah perjalanan (menuju Kuta dan menuju Denpasar) dalam dua kondisi, yaitu hari sekolah dan hari libur. Simulasi solusi dilakukan dengan skenario penambahan lebar lajur dan pengalihan akses keluar-masuk sekolah. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada hari sekolah (Senin), arah ke Kuta mengalami derajat kejenuhan tertinggi sebesar 0,85 dengan tingkat pelayanan E, sedangkan arah ke Denpasar mencapai 0,72 dengan tingkat pelayanan C. Pada hari libur (Minggu), derajat kejenuhan menurun menjadi 0,27–0,54 dan tingkat pelayanan membaik menjadi B dan C. Simulasi solusi menunjukkan penurunan derajat kejenuhan rata-rata sebesar 12% serta peningkatan tingkat pelayanan minimal satu tingkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Jalan, JB School, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan, MKJI 1997 |
Subjects: | Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang |
Divisions: | Jurusan Teknik Sipil > Prodi D4 Manajemen Proyek Konstruksi > Skripsi |
Depositing User: | I Kadek Putra Pranajaya |
Date Deposited: | 07 Sep 2025 23:21 |
Last Modified: | 07 Sep 2025 23:21 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/19105 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |