Arthapadia, Made (2025) Pengaruh On Street Parking dan Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus : Jalan Gajah Mada, Kabupaten Tabanan, Bali). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_22302_211124044_Full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_22302_2115124044_0023046604_0026066709_Part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (879kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_22302_2115124044_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pertumbuhan jumlah kendaraan dan aktivitas komersial yang tinggi di Jalan Gajah Mada, Kabupaten Tabanan, menyebabkan peningkatan penggunaan badan jalan sebagai tempat parkir (on street parking). Fenomena ini berdampak pada penurunan kinerja lalu lintas, terutama dalam hal kapasitas jalan, kecepatan arus, dan tingkat pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik parkir serta perbandingan kinerja ruas jalan dengan dan tanpa adanya on street parking serta hambatan samping. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data primer melalui survei lapangan meliputi volume lalu lintas, geometri jalan, dan karakteristik parkir. Data dianalisis menggunakan pedoman MKJI 1997 untuk menghitung kinerja jalan seperti kapasitas, kecepatan arus bebas, derajat kejenuhan, dan tingkat pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik parkir tertinggi terjadi pada siang hari, dengan akumulasi kendaraan roda dua mencapai 490 kendaraan dan roda empat mencapai 124 kendaraan pada hari kerja. sementara indeks parkir mencapai nilai tertinggi sebesar 1,17 yang mengindikasikan bahwa kebutuhan parkir melebihi kapasitas lahan parkir yang tersedia. Kinerja ruas jalan mengalami penurunan signifikan akibat on street parking, Kapasitas jalan berkurang dari 3601,42 saat tanpa parkir menjadi 2273,83 dengan parkir, dengan kecepatan bebas (LV) menurun dari 55,66 km/jam menjadi 44,19 km/jam. Derajat kejenuhan meningkat sebesar 37% dari 0,81(tanpa parkir) menjadi 1,19 (dengan parkir) yang berarti kondisi jalan sudah berada dalam keadaan macet F.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakteristik Parkir, On Street Parking, Hambatan Samping, Kinerja Ruas Jalan, Tingkat Pelayanan |
Subjects: | Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang > Transportasi |
Divisions: | Jurusan Teknik Sipil > Prodi D4 Manajemen Proyek Konstruksi > Skripsi |
Depositing User: | Made Arthapadia |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 00:32 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 00:32 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/19264 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |