Wiguna, I Putu Ricky Amerta (2025) Pengaruh Media Sosial, Edukator Online, dan Efektivitas Penyampaian Pesan terhadap Minat Mahasiswa Generasi Z Perguruan Tinggi di Bali dalam Literasi Perpajakan. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_62303_2115654005_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5, dan Referensi)
RAMA_62303_2115654005_0026026603_0020036306_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_62303_2115654005_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya tingkat literasi perpajakan di kalangan Generasi Z menjadi latar belakang utama dalam penelitian ini, mengingat peran strategis mereka sebagai calon wajib pajak di masa depan. Permasalahan utama yang diangkat adalah minimnya minat dan pemahaman mengenai perpajakan yang disebabkan oleh metode edukasi yang belum sesuai dengan karakteristik digital Generasi Z. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh media sosial, edukator online, dan efektivitas penyampaian pesan terhadap literasi perpajakan Generasi Z, khususnya mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan tinggi di Provinsi Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang disebarkan melalui kuesioner online. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang merupakan mahasiswa Generasi Z dari Universitas Udayana dan Politeknik Negeri Bali. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Squares (SEM-PLS) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4. Evaluasi model dilakukan melalui pengujian model pengukuran (validitas konvergen, validitas diskriminan, dan reliabilitas) serta model struktural (R-Square, Q-Square, Goodness of Fit, dan uji signifikansi menggunakan bootstrapping). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen, yaitu media sosial, edukator online, dan efektivitas penyampaian pesan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap literasi perpajakan Generasi Z. Dari ketiga variabel tersebut, efektivitas penyampaian pesan memberikan pengaruh yang paling dominan terhadap peningkatan literasi. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan komunikasi yang sesuai dengan preferensi Generasi Z sangat penting dalam menyampaikan informasi perpajakan. Penelitian ini berkontribusi dalam mendukung strategi edukasi pajak berbasis teknologi yang lebih inklusif, adaptif, dan interaktif dalam menghadapi era digital.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Generasi Z, Literasi Perpajakan, Media Sosial, Edukator Online, Efektivitas Penyampaian Pesan |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Perpajakan |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Perpajakan > Skripsi |
Depositing User: | I Putu Ricky Amerta Wiguna |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 04:47 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 04:47 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/19277 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |