Tanaya, Velicia Marchi (2025) Pelayanan Halfboard Dinner Menu Kepada Tamu oleh Pramusaji di Akasa Restaurant Jumeirah Bali. Diploma thesis, Poltiteknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93402_2215823037_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2215823037_Part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (472kB)

Abstract

Jumeirah Bali merupakan salah satu hotel bintang lima yang terletak di kawasan Pecatu Indah Resort, Badung, Bali. Jarak dari bandara internasional Ngurah Rai dapat ditempuh selama 17 km atau 31 menit. Jumeirah Bali memiliki 123 Villa, dua restoran dan satu bar. Jumeirah Bali mulai beroperasi dan menerima tamu secara resmi pada 26 April 2022. Jumeirah merupakan sebuah jaringan hotel mewah internasional yang merupakan bagian dari Dubai Holdings yang dimiliki oleh Pemerintah Dubai Konsep yang dimiliki oleh Jumeirah Bali digagas berdasarkan cerita berkaitan dengan Kerajaan Majapahit yakni Amartha Water Palace yang dikisahkan sebagai istana tempat berlibur para Raja dan keluarga kerajaan pada saat musim panas di masa keemasan Kerajaan Majapahit. Jumeirah Bali memiliki beberapa departemen seperti Housekeeping Department yang bertugas untuk menjaga kebersihan, Accounting Department memiliki tugas untuk mengatur keungan hotel, Culinary Department bertugas untuk membuat makanan tamu, Human Resources Department bertugas mengelola rekrutmen, pelatihan administrasi karyawan dan memastikan kesejahteraan karyawan, Sales and Marketing Department bertugas merancang strategi pemasaran, mempromosikan produk atau pelanayanan, serta meningkatkan penjualan, Engineering Department bertugas untuk merancang, memelihara dan mengembangkan infrastruktur teknik untuk mendukung operasional, Front Office Department bertugas untuk menyambut kedatangan tamu dan memberikan pelayanan kepada tamu, Security Department bertugas untuk menjaga dan keamanan dan ketertiban, dan Food and Beverage Department bertugas untuk menghidangkan makanan dan minuman kepada tamu. Food and Beverage (F&B) Department adalah istilah yang merujuk pada sektor atau bagian yang berkaitan dengan penyediaan, pengolahan, dan pelayanan makanan dan minuman kepada konsumen. Mencakup semua layanan yang menyediakan makanan dan minuman untuk dikonsumsi, baik itu di restoran, hotel, kafe, bar, atau bentuk usaha lainnya. Tujuan utama F&B Department adalah untuk memenuhi kebutuhan konsumsi makanan dan minuman serta memberikan pengalaman kuliner yang memuaskan bagi pelanggan. Jumeirah Bali memiliki dua restoran dan satu bar. Restoran yang terdiri dari satu restoran utama dan satu restoran speciality. Segaran Restaurant merupakan restoran utama yang menyediakan hidangan Asia Tenggara yang buka untuk sarapan pagi: 06:30-11:00 makan siang: 12:00-16:30, makan malam: 18:00-23:00 dengan harga yang disediakan mulai dari Rp. 130.000. Akasa Restaurant merupakan restoran speciality yang menyediakan hidangan Asian Cuisine yang buka untuk makan siang pada jam 12:00-16:30 dan makan malam pada jam 18:00-23:00 dengan harga yang disediakan mulai dari Rp. 60.00. Maja Sunset Lounge berlokasi di Segaran Restaurant dan memiliki jam operasionalm yaitu jam 12.00 sampai jam 23.00. Lounge ini menyediakan berbagai macam minuman dengan harga berkisar antara Rp. 89.000 - Rp. 215.000. Akasa Restaurant merupakan restoran dengan konsep woods, flame and grill with the Asian Twist. Akasa Restaurant memberikan pelayanan semi fine dinning dengan profesional untuk tamu. Akasa Restaurant menyediakan menu a la carte dan paket halfboard yang dimana tamu dapat memilih menikmati breakfast dengan lunch atau breakfast dengan dinner. Selain menyediakan menu a la carte dan paket halfboard , Akasa Restaurant juga menyediakan menu promosi happy hour yaitu Fizzy Mojito yang tersedia untuk lunch setiap hari, dan Wagyu T-bone and Wine yang tersedia setiap hari Rabu dengan harga Rp. 1.900.000++. Sembari menunggu hidangan selesai, tamu akan disuguhkan welcome bread yaitu Milky Steam Bao With Seaweed Butter dan amuse bouche (makanan ringan kecil). Halfboard menu ini merupakan paket yang sudah termasuk dalam harga kamar, terdiri dari satu set menu yang dapat dipilih secara bebas dari daftar makanan yang tersedia, masing-masing satu jenis makanan untuk mulai dari appetizer, main course, dan dessert. Beberapa menu appetizer seperti salmon tataki, seaweed ponzu salad, dan eggpalnt salad. Beberapa menu main course yang dapat dipilih yaitu Gochujang Miso Black Cod, Crab Rice, dan Wagyu Bone Marrow. Pilihan menu dessert yang tersedia adalah Pandan Creame Brulee, Chocolate Sphere, dan Ice Cream. Setiap tamu hanya dapat memilih satu dari setiap course dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan menu à la carte. Dalam halfboard menu ini tamu dapat memilih kapan menikmati paket ini yaitu saat breakfast, lunch, atau dinner. Berdasarkan topik yang diambil dalam Tugas Akhir ini, penulis melakukan pembandingan dengan beberapa Tugas Akhir sebelumnya dengan topik yang sama memiliki beberapa hal yang berbeda. Tugas Akhir pembanding pertama adalah “Pelayanan Set Menu Dinner Teppanyaki oleh Pramusaji di Rin Restaurant Conrad Bali” oleh Gristefiona (2023) yang memiliki persamaan dan perbedaan. Tugas Akhir tersebut memberikan pelayanan set menu dinner teppanyaki, yang mana tamu biasanya memilih satu set menu dari appetizer hingga dessert sama seperti pelayanan di Akasa Restaurant namun pelayanan set menu dinner teppanyaki di Rin Restaurant Conrad Bali dengan menu tertentu disajikan dengan cara memasak langsung di depan tamu oleh seorang chef. Pelayanan teppanyaki ini mengedepankan pengalaman kuliner yang interaktif, dimana pramusaji mungkin terlibat dalam mengarahkan tamu untuk menikmati proses memasak tersebut. Sedangkan pada Akasa Restaurant Jumeirah Bali fokus pada halfboard menu dinner dengan jenis menu yang mengangkat tema masakan Asian Fusion. Pada Tugas Akhir ini, pelayanannya yang lebih terstruktur, dengan konsep "halfboard" paket makan yang sudah ditentukan yaitu appetizer, lunch, dan dessert untuk tamu yang menginap dengan paket ini. Tugas Akhir pembanding kedua adalah “Pelayanan Set Menu Courses Luxury Escape di Restaurant Izakaya by OKU The Apurva Kempinski Bali” oleh Suari (2023) memiliki perbedaan yaitu pelayanan yang diteliti adalah Set Menu Courses Luxury Escape, yang mencakup hidangan bertingkat atau bertahap yang dirancang khusus untuk pengalaman makan mewah. Setiap course dihidangkan secara berurutan dengan detail tinggi pada presentasi dan bahan makanan berkualitas premium. Layanan ini menuntut interaksi intens antara pramusaji dan tamu karena adanya penjelasan setiap hidangan. Sedangkan pada Akasa Restaurant Jumeirah Bali fokusnya pada halfboard menu dinner, yang merupakan layanan terjadwal sebagai bagian dari paket makan tamu hotel. Menu halfboard yang menawarkan pilihan satu set paket makan yang sudah ditentukan yaitu appetizer, lunch, dan dessert, dan pramusaji bertugas memastikan kelancaran layanan dalam waktu yang sudah ditentukan, tanpa terlalu banyak interaksi personal. Berdasarkan penjelasan diatas maka penulis akan menjelaskan lebih detail mengenai pelayanan makan malam halfboard menu dinner berjudul “Pelayanan Halfboard Menu Dinner kepada Tamu oleh Pramusaji di Akasa Restaurant Jumeirah Bali”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Halfboard Dinner
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial > Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: Velicia Marchi Tanaya
Date Deposited: 04 Sep 2025 13:22
Last Modified: 04 Sep 2025 13:22
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/19317

Actions (login required)

View Item View Item