Widen, Kadek (2025) Evaluasi Penggunaan Pelican Crossing dan Dampaknya terhadap Kinerja Ruas Jalan di Jalan Hasanudin, Denpasar. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_22302__2115124131_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_22302__2115124131_0023046604_0028106408_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (588kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_22302__2115124131_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Evaluasi Interaksi Penggunaan Pelican Crossing dan Dampaknya Terhadap Kinerja Ruas Jalan di Jalan Hasanudin, Denpasar dilakukan untuk menjawab permasalahan terkait sejauh mana pelican crossing memengaruhi kapasitas jalan dan tingkat pelayanan. Latar belakang penelitian ini berangkat dari tingginya volume lalu lintas di Jalan Hasanudin yang dipengaruhi oleh aktivitas penyeberangan pejalan kaki, sehingga berpotensi menurunkan kinerja ruas jalan. Tujuan penelitian adalah menganalisis tingkat pelayanan jalan, dampak interaksi pelican crossing, serta menentukan tipe fasilitas penyeberangan yang sesuai. Metode penelitian menggunakan pendekatan survei lapangan dengan pengumpulan data primer berupa geometri jalan, volume lalu lintas, jumlah pengguna pelican crossing, hambatan samping, dan kecepatan kendaraan, serta data sekunder terkait kondisi kota Denpasar. Analisis data dilakukan mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997) untuk menghitung kapasitas jalan, derajat kejenuhan (DS), tingkat pelayanan (LOS), dan kebutuhan fasilitas penyeberangan melalui metode PV². Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelican crossing meningkatkan hambatan samping dan menurunkan kinerja ruas jalan. Nilai derajat kejenuhan dengan pelican crossing mencapai 0,8519 (LOS E), sedangkan tanpa pelican crossing sebesar 0,7963(LOS D). Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan DS sekitar 6,53% akibat interaksi pelican crossing. Dengan demikian, pelican crossing berperan penting dalam keselamatan pejalan kaki namun berdampak pada penurunan kelancaran arus lalu lintas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelican Crossing, Kinerja Jalan, Derajat Kejenuhan, LOS
Subjects: Ilmu Teknik
Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang
Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang > Perencanaan Wilayah dan Kota
Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang > Transportasi
Divisions: Jurusan Teknik Sipil > Prodi D4 Manajemen Proyek Konstruksi > Skripsi
Depositing User: Kadek Widen
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:38
Last Modified: 11 Sep 2025 02:38
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/19463

Actions (login required)

View Item View Item