Widen, Kadek (2025) Evaluasi Penggunaan Pelican Crossing dan Dampaknya terhadap Kinerja Ruas Jalan di Jalan Hasanudin, Denpasar. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_22302__2115124131_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_22302__2115124131_0023046604_0028106408_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (588kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_22302__2115124131_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Evaluasi Interaksi Penggunaan Pelican Crossing dan Dampaknya Terhadap Kinerja Ruas Jalan di Jalan Hasanudin, Denpasar dilakukan untuk menjawab permasalahan terkait sejauh mana pelican crossing memengaruhi kapasitas jalan dan tingkat pelayanan. Latar belakang penelitian ini berangkat dari tingginya volume lalu lintas di Jalan Hasanudin yang dipengaruhi oleh aktivitas penyeberangan pejalan kaki, sehingga berpotensi menurunkan kinerja ruas jalan. Tujuan penelitian adalah menganalisis tingkat pelayanan jalan, dampak interaksi pelican crossing, serta menentukan tipe fasilitas penyeberangan yang sesuai. Metode penelitian menggunakan pendekatan survei lapangan dengan pengumpulan data primer berupa geometri jalan, volume lalu lintas, jumlah pengguna pelican crossing, hambatan samping, dan kecepatan kendaraan, serta data sekunder terkait kondisi kota Denpasar. Analisis data dilakukan mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997) untuk menghitung kapasitas jalan, derajat kejenuhan (DS), tingkat pelayanan (LOS), dan kebutuhan fasilitas penyeberangan melalui metode PV². Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelican crossing meningkatkan hambatan samping dan menurunkan kinerja ruas jalan. Nilai derajat kejenuhan dengan pelican crossing mencapai 0,8519 (LOS E), sedangkan tanpa pelican crossing sebesar 0,7963(LOS D). Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan DS sekitar 6,53% akibat interaksi pelican crossing. Dengan demikian, pelican crossing berperan penting dalam keselamatan pejalan kaki namun berdampak pada penurunan kelancaran arus lalu lintas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelican Crossing, Kinerja Jalan, Derajat Kejenuhan, LOS |
Subjects: | Ilmu Teknik Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang > Perencanaan Wilayah dan Kota Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang > Transportasi |
Divisions: | Jurusan Teknik Sipil > Prodi D4 Manajemen Proyek Konstruksi > Skripsi |
Depositing User: | Kadek Widen |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 02:38 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 02:38 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/19463 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |